Ekspor Toyota Fortuner Terus Meningkat

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – Toyota Fortuner menjadi model yang paling banyak diekspor ke berbagai negara tujuan secacra utuh (CBU).

Selama dua bulan pertama di 2019, pertumbuhan kembali terjadi di pasar ekspor dari Indonesia, dimana kenaikan 4 persen selama Januari hingga Februari mampu membukukan volume pengiriman sebanyak 30.550 unit dibanding periode sama sebesar 29.500 unit.

Toyota mengandalkan Fortuner untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Model lain yang juga berkontribusi besar ialah Agya (Wigo), sedan Vios, dan Avanza. Ekspor CBU merek Toyota selama 2 bulan pertama 2019 meningkat 4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 30.550 unit.

“Kondisi ekonomi global saat ini sangat kurang menguntungkan. Namun demikian, kami tetap berupaya untuk menjaga konsistensi kinerja ekspor agar tetap tumbuh positif,” kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Ia mengakui dari sembilan model ekspor CBU Toyota, dua model SUV yaitu Fortuner dan Rush menyumbang kontribusi ekspor terbesar dengan total 43 persen. Dominasi ekspor model SUV mencerminkan bahwa minat pasar global terhadap model SUV semakin tinggi.

Oleh karena itu, Toyota Indonesia, terus meningkatkan daya saing produk SUV melalui peningkatan penggunaan komponen lokal untuk mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia, yang saat ini tingkat komponen dalam negeri (TKDN)-nya telah mencapai rata-rata di atas 75 persen.

Selain CBU, Toyota melalui TMMIN juga memproduksi dan mengekspor kendaraan setengah jadi/Completely Knock-Down (CKD), mesin utuh, serta komponen kendaraan. Pada Januari 2019 Toyota mengekspor kendaraan CKD sebanyak 6.500 unit, mesin utuh bensin sebanyak 17.000 unit, mesin utuh etanol sebanyak 1.500 unit, serta komponen kendaraan sebanyak 17 juta buah.

Toyota Fortuner dan model-model unggulan lainnya akan hadir di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Pada pameran tahunan tersebut, paket-paket menarik yang mempermudah konsumen memiliki kendaraan sudah pasti berhamburan. Telkomsel IIMS 2019 sejatinya akan digelar pada 25 April hingga 5 Mei 2019.

[stm_sidebar sidebar=”651″]