Ekspor Motor Honda Januari 2019 Tembus 17 Ribu Unit

Ekspor Motor Honda Januari 2019 Tembus 17 Ribu Unit

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mengekspor sepedamotornya baik dalam bentuk CBU maupun CKD dengan jumlah total 17.300 unit, sepanjang Januari 2019 saja.

Agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia ini kembali berkontribusi terhadap ekspor sepedamotor Tanah Air. Berdasarkan jumlah yang dihimpun dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), PT AHM memberikan kontribusi sebanyak 25% dari jumlah total ekspor sepedamotor nasional yakni 38.021 unit.

Segmen skutik masih mendominasi di mana PT AHM melakukan pengiriman sebanyak 16.412 unit. Sedangkan segmen motor sport adalah 728 unit dan sepedamotor jenis moped 160 unit. Pencapaian ini juga sekaligus melebihi catatan di periode serupa tahun lalu (Januari 2018) sebesar 6.281 unit. Dengan begitu, persentase ekspor sepedamotor Honda kali ini melonjak 175%.

Disebutkan dalam rilis, ekspor CBU itu paling banyak ditujukan ke negara Bangladesh dan Filipina. Tak hanya itu, PT AHM juga melakukan pengiriman secara CKD ke beberapa negara lain. Seperti Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. Pada Januari 2019, tercatat ekspor CKD PT AHM sebanyak 18.700 set atau meningkat 28% dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2018 yaitu 14.640 unit.

“Lonjakan pertumbuhan ekspor ini tidak dapat dipisahkan dari daya saing produk yang diproduksi anak bangsa di pasar ekspor. Kami yakin motor Honda produksi AHM ini akan semakin disukai tidak hanya di pasar domestik tapi juga di pasar ekspor di masa-masa mendatang,” kata Kurniawati Slamet, General Manager Overseas Business Division PT AHM dalam rilis.

Model sepeda motor yang dipasarkan ke luar negeri baik secara CBU atau CKD tercatat antara lain Honda Vario Series, Honda BeAT series, Honda Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF150, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire.

“Kami optimis dengan indikasi positif pada awal tahun ini akan mengantarkan ekspor sepeda motor Honda tahun ini tumbuh sekitar 40% – 50% hingga akhir tahun 2019,” ujar Kurniawati.

Sama halnya dengan pasar domestik, sepedamotor Honda paling laris juga masih di pegang segmen matik baik dari Honda Vario Series maupun BeAT Series. Namun, model lainnya juga tetap menjadi pilihan masyarakat. Terutama dari kategori trail yaitu Honda CRF150 atau motr sport seperti Honda CRB Series.

Seluruh produk itu pun bakal mengisi booth Honda di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS ) 2019 mendatang. Keputusan Anda untuk membelinya selama pameran (25 April-5 Mei 2019) pun sepertinya akan tepat. Apalagi, akan banya promo yang dihadirkan melalui jaringan penjualan mereka selama IIMS 2019 berlangsung.

[stm_sidebar sidebar=”651″]