Ducati Monster 2021 Kini Tanpa Frame Tralis, Lebih Ringan dan Betenaga

Ducati Monster 2021 Kini Tanpa Frame Tralis, Lebih Ringan dan Betenaga

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Entah ini sebuah kabar baik atau buruk bagi para pecinta Ducati Monster. Pasalnya, Ducati Monster 2021 ini bisa dibilang berubah total dengan meninggalkan salah satu ciri khasnya, yakni frame tralis.

Begini Cara Siswa SMK Bantu Pembelajaran di Masa Pandemi

RETRO Berbagi, Motoran Manfaat Bagi Sesama

Bernasib Apes, Sunmori di Monasco Biker Terjatuh Lagi Aksi Cornering

Yaa, Ducati secara resmi merilis dua generasi terbaru yang mereka sebut sebagai Monster dan Monster+ dengan penambahan fitur baru.

Hilangnya frame tralis dan beberapa inovasi lain membuat Ducati Moster 2021 jadi lebih ringan. Ini seperti evolusi pada tubuh Ducati Monster yang kini diklaim telah memenuhi standar emisi Euro 5.

Mesin Baru Ducati Monster 2021 Lebih Bertenaga

Perubahan bobot yang diklaim lebih ringan sekitar 4.5 kg ini tentu akan mempengaruhi pada banyak sektor, mulai dari akselerasi, kelincahan, hingga cepatannya.

Monster kini menggendong mesin baru Testastretta 11 derajat V-Twin. Mesin berkubikasi 937 cc diklaim punya luaran tenaga maksimal yang lebih besar hingga 2 hp dibanding generasi sebelumnya.

Tenaga yang dihasilkan mesinnya kini mencapai 111 hp dan torsi maksimum mencapai 93 Nm. Sektor mesin ini pun tak kalah menarik untuk dibahas. Selain tenaga yang lebih besar, bobotnya pun diklaim lebih ringan dari mesin Ducati 821.

Ducati Monster 2021

Ducati Monster 2021 ini mengadopsi frame milik superbike Panigale V4. Perubahan lain juga terjadi pada sub framenya yang mengaplikasi material fiber reinforced polymer. Perubahan lain juga terlihat pada desain baru lengan ayunnya.

Dari sektor ergonomi berkendara, Monster 2021 kini punya posisi duduk yang lebih rendah. Jika tinggi jok generasi terdahulu 820 mm, generasi terbaru ini cuma 775 mm.

Ducati Monster 2021

Fitur-fitur yang dijejalkan pada Monster dan Monster+ ada cornering ABS, kontrol traksi dengan IMU, anti wheelie, launch control, quick shifter (up and down) termasuk riding mode serta ride by wire.

Serta fitur kemampuan koneksi dengan handphone melalui Bluetooth dan panel meter digital negatif LCD TFT 4.3 inch.

Paket lengkap itu didukung juga oleh kaki-kaki yang mumpuni. Upside Down berukuran 43 MM, rem Brembo kaliper tipe M4-32 monoblock yang menjepit cakram 320mm di bagian depan.

Di bagian belakang, kaki-kakinya diperkuat dengan mono shock yang dapat disetel. Sementara untuk pengereman diperkuat dengan kaliper Brembo dan cakram 245mm.

Ducati Monster 2021 hadir dalam dua pilihan warna, Ducati Red dan Dark Stealth dengan velg hitam atau Aviator Grey dengan velg GP Red.

Untuk varian Monster+, flyscreen kecil dan penutup pembonceng merupakan perlengkapan standar pembeda dengan model Monster.

Ducati Monster 2021 akan dipasarkan di kisaran harga $11,895 untuk model standar dan $12,195 untuk full spek.

Original Article