Do’s and Don’ts Saat Cuci Motor Sendiri di Rumah Ala Restomax

Do’s and Don’ts Saat Cuci Motor Sendiri di Rumah Ala Restomax

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Untuk mengisi waktu luang selama #dirumahaja, Motoris bisa makin sering merawat motor kesayangannya. Perawatan bisa bermacam-macam, lho. Misalnya cuci motor, cek busi, ganti oli sendiri, dan lainnya.

Untuk cuci motor sendiri, ternyata ada kiat-kiatnya, lho. Misal seperti jangan sembarang memakai sabun atau hati-hati dalam memilih kain untuk mengelap setelah pencucian selesai.

Kali ini, Reza dari Restomax Moto Detailing, salon motor yang sudah cukup terkenal bahkan sering dikunjungi artis ibukota memberikan beberapa tips atau kiat-kiat serta Do’s and Don’ts dalam merawat dan mencuci motor sendiri di rumah.

Pertama, Restomax menyarankan untuk menggunakan sabun atau sampo khusus motor atau mobil yang ber-ph balance. Lalu, jika bodinya glossy, gunakan sampo yang mengandung wax. Sebaliknya jangan menggunakan sabun yang mengandung wax untuk kendaraan dengan bodi berkelir doff atau matte. Kandungan ph dan wax bisa dilihat pada kemasan.

Hindari menggunakan sabun colek atau detergen untuk mencuci bodi glossy maupun doff karena sangat bersifat abrasif, serta dapat meninggalkan noda dan merusak lapisan vernis pada cat.

Kemudian untuk mengeringkan motor, sebaiknya menggunakan kanebo karena mempunyai daya serap yang bagus. Lalu untuk finishingnya bisa menggunakan lap/kanebo dengan bahan microfiber untuk menghindari tergeseknya bodi dan menimbulkan lecet. Tak hanya itu, sebaiknya bedakan kanebo untuk bodi dan kaki-kaki, jangan dijadikan satu.

Selanjutnya, tidak disarankan menyemir ban setelah pencucian karena ada kandungan silikon yang akan membuat ban licin saat berkendara. Jika ingin disemir, hanya semir bagian samping dinding ban saja, bukan tapak yang menempel pada aspal.

Terakhir, untuk menyimpan motor sebaiknya di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Jika motor akan disimpan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya tidak disarungi, karena bisa menjadi sarang hewan, seperti tikus atau kucing jika tidak sering dicek. Kalau ada balon motor, itu lebih baik karena akan aman dari binatang dan debu. (Litha/Prob/NM)

The post Do’s and Don’ts Saat Cuci Motor Sendiri di Rumah Ala Restomax appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.