Deretan Motor Produksi Pertama Pabrikan di Indonesia

Deretan Motor Produksi Pertama Pabrikan di Indonesia

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Pasar Indonesia dianggap guríh oleh pabrikan kendaraan sejak jaman jebot. Nggak heran kalau mereka berlomba – lomba untuk memproduksi motor andalan di bumi pertiwi. Motor motor ini juga bisa dibilang pionir dalam penjualan motor hingga saat ini.

Berikut adalah deretan motor perdana yang dilahirkan oleh pabrikan di Indonesia:

Suzuki

Foto: Pojokmungil.com

Walau sudah eksis di Indonesia sejak 1969, namun Suzuki baru melahirkan motor pertamanya di 1973 lewat model Suzuki A100 bermesin 2 tak, 98cc.

(Baca juga: Hindari Celaka, Ini langkah Penting Untuk Pengendara Motor)

Yamaha

Foto: wikimedia

Sama seperti seteru abadinya, pabrikan berlambang garpu tala sudah merakit motor sejak 1969 di Indonesia. Dan baru memproduksi Yamaha L2 Super secara CKD di tahun 1974.

Honda

foto: bikeexif.com

Setelah memboyong S90 secara utuh (CBU) dari Negeri Sakura di medio 60-an, PT Federal Motor baru memproduksi S90Z di Indonesia pada tahun 1971.

Kawasaki

Foto: pinters

Di era 80-an, Kawasaki pernah hadir di Indonesia dengan nama Bintang Terang (Binter) yang memasarkan model Binter Merzy (KZ200), Binter GTO 125, dan Binter KH100.

Vespa

Foto: Car and Classic

Walau telah hadir sejak era 60-an melalui varian Vespa Kongo, namun sejatinya PT Danmotors Vespa Indonesia baru resmi merakit Vespa Sprint, Super, Special dan Exclusive pada tahun 1970.

Nah dari 5 motor ini masih ada yang punya tidak? buat yang punya tentunya ini jadi harta karun loh pasalnya harga motor klasik bisa dibilag memiliki harga gelap dan melambung tinggi.

Original Article