Daihatsu Taft ‘Reborn’ Ikuti Langkah Sukses Suzuki Jimny

Daihatsu Taft ‘Reborn’ Ikuti Langkah Sukses Suzuki Jimny

Shared by Thegaspol.com for IIMS

Setelah popularitas Suzuki Jimny kembali terdongkrak akibat model reborn yang dilansirnya, Daihatsu juga mengambil langkah yang sama untuk model jip legendarisnya, Taft. Model yang tahun kemarin masih berbentuk purwarupa untuk ditampilkan di auto show seluruh dunia, kini mulai dipasarkan secara resmi di Jepang untuk diproduksi massal.

Terhitung sejak 10 Juni lalu, Daihatsu Jepang mulai membuka daftar antrian pembeli untuk Taft model baru ini. Di negara asalnya, Daihatsu Taft ditawarkan dalam tiga pilihan varian, yaitu X, G, dan G turbo.

Untuk banderolnya sendiri, Daihatsu Taft yang dibangun diatas platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) memiliki perbedaan sesuai dengan variannya. Dari yang paling rendah, varian X: (2WD) 1.353.000 yen dan (4WD) 1.479.500 yen; varian G: (2WD) 1.485.000 yen dan (4WD) 1.611.500 yen; serta varian G turbo: (2WD) 1.606.000 yen dan (4WD) 1.732.500 yen.

Memang banyak yang setuju bahwa desain Taft terbaru ini agak sedikit keluar dari ‘pakem’ jip sejati. Banyak pihak menilai Taft generasi terbaru ini lebih pantas dicap sebagai SUV atau Crossover karena desainnya cenderung kearah sana.

Soal fitur, jip yang kini berdesain mungil ini dilengkapi dengan lampu full LED yang menjadi perlengkapan standar pada varian G dan di atasnya. Pada bagian interior, dikutip dari daihatsu.co.jp bahwa Taft akan dipersenjatai dengan panoramic glass roof yang membuatnya terasa lebih lapang.

Dengan adanya sunroof ini membuat mobil tampil lebih mewah dan dapat melihat pemandangan lebih luas. Sky Feel Top nama dari fitur ini akan menjadi standar dari Taft. Selain itu, ada fitur UV and IR cutfunction yang bisa mengurangi efek dari sinar ultaviolet dan infrared yang bisa merusak kulit yang bisa membuka dan menutup.

Fitur yang menjadi standar lainnya, yaitu electric parking brake dan auto brake hold yang sudah menjadi fitur wajib di mobil kelas menengah. Fitur ini juga telah hadir di mobil serupa seperti Honda N-WGN, Mitsubishi eK Space dan Nissan Luke. Taft juga memiliki kompartemen yang cukup memadai untuk menyimpan barang di dasbor mulai dari cup holder hingga glove boks. Dasbor juga diselipi warna oranye yang menambah kesan sporty.

Untuk memikat konsumen, Daihatsu menyiapkan 9 warna menarik, yaitu Lake blue metallic, Forest khaki metallic, Sand beihe metallic, Lemon squash crystal metallic, Black mica metallic, Splash clue metallic, Shining white pearl, Comparo red dan Bright silver metallic.

Original Article