Daihatsu Rocky Raih 5 Bintang di Tes Tabrak, Masuk Indonesia 2021

Daihatsu Rocky Raih 5 Bintang di Tes Tabrak, Masuk Indonesia 2021

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan duat Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang muncul di Tokyo Motor Show 2019 silam? Ini merupakan proyek kembar ToyoDai lain di samping mobil-mobil yang kita sudah banyak tahu seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, Calya-Sigra dan lain-lain. Bahkan Daihatsu pun membuat mobil ini dengan sasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), turunan dari TNGA-nya Toyota.

Belum lama ini, Daihatsu sudah mengutus Rocky untuk menjalani prosesi tes tabrak di Jepang yang bernama JNCAP (Japan New Car Assessment Program). Tiga aspek utama yang dievaluasi meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki, dan pengingat sabuk pengaman. Hasilnya bisa dibilang sangat baik, sebab Daihatsu Rocky meraih nilai akhir 5 bintang dari tes tabrak JNCAP tersebut karena fitur keselamatan aktif dan pasifnya mumpuni.

Ini menyusul mobil lain Daihatsu yang sebelumnya juga mendapat bintang 5 di JNCAP beberapa tahun yang lalu. Sebelumnya, mobil kecil Daihatsu Boon telah meraih rating serupa pada tahun 2016. Selain dari tingkat keselamatan tadi, sejujurnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan 2 produk yang menarik jika diperjualbelikan di Indonesia dan diposisikan sebagai adik dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Jelas bahwa baik Raize atau pun Rocky tidak terlalu nampak seperti off-roader tukang main tanah seperti Suzuki Jimny, tampangnya lebih cocok untuk menembus perkotaan yang padat tapi dengan gaya ala-ala SUV atau crossover. Kapan ia akan dijual di Indonesia? Menurut Daihatsu, Rocky akan segera tiba di tanah air pada tahun 2021 mendatang. Tidak, ia nampaknya tidak akan disaingkan langsung dengan Jimny atau Ignis, namun lebih untuk membuka kelas baru di bawah Terios.

Kami sendiri berharap saat Daihatsu Rocky dijual di Indonesia, ia akan memiliki spek menggiurkan untuk memikat pembeli. Soal mesinnya, kami rasa bukan hal mustahil jika Daihatsu Indonesia memasang mesin 1.000 cc 3 silinder turbo yang sempat mereka tes di sini. Meski mengaku sedang menguji mesin turbo, Daihatsu Indonesia tidak bilang apa tujuan pengetesannya, apa untuk uji coba saja atau dipasang di mobil baru. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article