Cuaca Panas Jangan Hanya Dibawa Riding, Motor Juga Perlu Perhatian Gilmoters

Cuaca Panas Jangan Hanya Dibawa Riding, Motor Juga Perlu Perhatian Gilmoters

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Kalian tentunya ingin memiliki motor yang selalu dalam kondisi prima, terlebih jika cuaca yang tidak menentu. Tetapi ada beberapa treatment yang harus Gilmoters jalankan agar motor siap selalu kalian gunakan.

Cuaca panas memang asik buat riding ke luar kota namun banyak dari pengguna motor yang minim akan perhatian, misalnya untuk kebersihan, mulai dari jarang di cuci hingga rantai yang kering. Tentunya menjadi kesalahan kalau Gilmoters memperlakukan hal ini.

(Baca juga: Alasan Penempatan Rem, Gas, Knalpot, Standar Yang Jarang Diketahui)

Dalam kondisi cuaca panas ada 5 hal yang harus menjadi perhatian lebih, seperti:

– Tekanan angin

Cuaca panas bisa menyebabkan tekanan angin yang berubah – ubah. Angin yang menggunakan kompressor tentunya bisa berubah – ubah saat cuaca panas, tetapi angin nitrogen lebih bisa mempertahakan tekanan angin di dalam ban dengan alasan nitrogen memiliki sifat dingin sehingga tidak berpengaruh dengan suhu di luar.

– Ban

Cuaca panas bisa mempercepat kualitas karet ban motor menurun Gilmoters. Jika sudah adanya retakan atau getas sangat Bang Gilmot anjurkan untuk mengganti dengan ban baru. Kualitas ban yang menurun tetunya membuat keselamatan berkendara lebih berisiko.

– Rantai

Rantai menjadi komponen penggerak untuk sepeda motor manual, tentunya Gilmoters harus memperhatikan rantai motor jangan sampai rantai motor kering ataupun kotor karena debu. Solusi yang bisa kalian lakukan adalah membersihkan, melumasi dengan chain lube dan memperhatikan jarak main rantai atau kekenduran rantai.

– Bearing Roda

Bagian ini memang tidak terlihat namun kondisi bearing yang kurang baik tentunya mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Lama kelamaan seal dan pelumas bearing akan mengeras ditambah lagi dengan kotoran debu yang munpung. Oleh karena itu Gilmoters harus rajin melakukan pengecekan dan menambahkan pelumas atau gemuk pada bearing roda.

– Bodi

Memarkirkan kendaraan di tempat terbuka tanpa atap tentunya membuat kualitas cat menurun dan mudah baret. Oleh sebab itu Gilmoters harus rutin membersihkan bodi dari debu minimal meyiram dengan air bersih kalaupun tidak sibuk kalian bisa mencuci motor menggunakan sabun khusus kendaraan agar bodi tetap kinclong.

Original Article