Cruiser Listrik Voxan Wattman, Butuh Waktu Panjang untuk Buktikan Performa

Cruiser Listrik Voxan Wattman, Butuh Waktu Panjang untuk Buktikan Performa

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Kalau kelamaan menunggu Voxan Wattman memecahkan rekor kecepatan Juli 2021 nanti, cermati saja versi produksinya. Ini sosok cruiser listrik Voxan Wattman versi produksi.

Konsep cruiser listrik dari Perancis ini butuh waktu panjang untuk dihadirkan. Hadir pertama kali di Paris Motor Show 2013. Setelah pada 2010, miliarder Perancis, Gildo Pastor, pemilik Venturi Motors berjanji akan membuat super cruiser Perancis.

Cruiser listrik Voxan Wattman itu pun hadir tak jauh berbeda dengan konsepnya yang digambar oleh Sacha Lakic. Ditutupi panel bodi yang mulus, sebenarnya cruiser listrik ini memiliki sasis exoskeleton yang rumit berbahan aluminium. Sehingga sekilas tampil seperti cruiser kokoh, dan memang beratnya sekitar 350 kg.

Pada sasis seperti struktur menara itu terpaut semua perangkat penggerak, kontroler dan baterainya. Motor penggeraknya dengan magnet permanen dan pendingin yang berbeda dengan bakal pemecah rekor, sebab menggunakan radiator. Motor mampu menghasilkan 150 kW pada putaran 10.500 rpm dan torsi 200 Nm sejak awal. Penggerak akhirnya sabuk gerigi 35mm.

Sehingga dengan performanya, super cruiser ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik saja, dan 0-160 km/jam dalam 5,9 detik. Boleh juga kalau mau diadu dengan Triumph Rocket III.

Sebagai peredam, cruiser menggunakan garpu depan 43 mm USD dan suspensi belakang 4 arm parallelogram dengan 2 shockabsorber. Rodanya ukuran 18″ berbahan karbon dibalut ban Michelin Commander II ukuran 130/70-18 di depan dan 240/40-18 di belakang.

Perangkat penghenti laju dipercayakan pada produk 4D Beringer system dengan kaliper 4 piston ganda cakram 230 mm, di belakang 230 mm dengan kaliper 2 piston.

Untuk sumber energi, cruiser menggunakan baterai berkapasitas 12,8 kWh. Saat penuh baterai bisa untuk menjelajah sejauh 180 km dalam mode cruising sesuai metoda pengukuran NEDC. Sementara untuk pengisiannya hanya butuh setengah jam jika dengan metoda charger Level 2 (30A) untuk pengisian 80%-nya, yang butuh catu daya 220 VAC sekitar 5.500 Watt. (Afid/nm)

The post Cruiser Listrik Voxan Wattman, Butuh Waktu Panjang untuk Buktikan Performa appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.

Original Article