Changan Uni-K : Porsche Cayenne Coupe Paket Hemat?

Changan Uni-K : Porsche Cayenne Coupe Paket Hemat?

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com Saat ini kita tahu bahwa mobil-mobil Cina sudah malang-melintang di pasar global dan tidak jarang diantara mobil-mobil Cina tersebut secara terang-terangan memiliki bentuk yang mirip dengan model kendaraan Eropa. Bak mengumpulkan semua desain bagus untuk membuat sebuah mobil, misalnya diambil sedikit dari Mercedes-Benz, sedikit dari Porsche dan digabungkan. Nah, hal tersebut sepertinya dilakukan kembali, salah satunya oleh pabrikan mobil tertua di Cina, Changan.

Pabrikan mobil Tiongkok tersebut baru saja menghadirkan Changan Uni-K, SUV coupe baru yang desainnya jelas menginterpretasikan desain ala Porsche Cayenne Coupe, tetapi dengan nuansa yang berbeda. Changan merilis foto resmi pertama dari SUV barunya, Uni-K yang sebelumnya disebut sebagai Uni-V. Uni-K sendiri merupakan model kendaraan Uni kedua dari Changan setelah Uni-T. Mobil ini merupakan versi produksi massal dari Konsep Vision-V, yang memulai debutnya sebulan lalu di Beijing Auto Show. Changan mengatakan bahwa mereka menghadirkan Uni-K dengan mengikuti gaya dan tren masa kini melalui tampilan mobil yang besar dan agresif.

Namun kita dibuat merasa familiar bahwa SUV ini mirip dengan Porsche Cayenne Coupe, terutama jika dilihat dari samping dan belakang. Dimana profil belakang Uni-K memiliki lampu belakang strip LED, diffuser, dan bagian knalpot yang terlihat terinspirasi dari Porsche Cayenne Coupe. Hal yang sama terjadi pada profil sampingnya, mungkin kalian tergoda untuk percaya bahwa itu adalah SUV asal Jerman yang dibuat di pabrik VW Group di Bratislava.

Tapi terlepas dari kemiripan tersebut, Changan mengatakan Uni-K mengadopsi bahasa desain “tanpa batas” dari jajaran Uni. Dengan wajah depan yang berani menjadi bagian paling orisinil dari kendaraan ini. Mulai dari lampu depan LED yang ramping hingga foglamp LED berbentuk bintang berujung tiga, mirip dengan yang ada pada konsep Vision-V, begitu juga dengan grile radiator. Sorotan desain lainnya termasuk door-handlepop-out, lampu rem ketiga ganda, dan paduan velg 21 inci ada pada Uni-K.

Untuk interior, Changan belum merilis fotonya. Tapi kita mungkin akan segera mengintip ke dalam Uni-K, karena SUV tersebut akan melakukan debut publiknya di Guangzhou Auto Show pada akhir November. Kemudian soal dimensi, meski secara sepintas Uni-K itu terlihat besar, tapi nyatanya tidak terlalu besar juga, karena dibandingkan dengan Cayenne Coupe, kendaraan ini lebih pendek, lebih sempit, dan lebih tinggi. Dengan panjang 4.865 mm, lebar 1.948 mm, tinggi 1.700 mm, dan jarak sumbu roda 2.890 mm.

Secara overall dirasa Uni-K boleh dibilang memiliki desain mengesankan. Namun dalam urusan mekanik, Changan Uni-K tidak menyerupai Porsche Cayenne sama sekali. Kenapa begitu? Well, karena coupe besar ini hanya bermesin bensin 2.0 liter turbocharged, yang disalurkan ke empat roda (AWD) dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Belum ada spesifikasi yang jelas saat ini, tetapi mesin tersebut diperkirakan menghasilkan tenaga 229 HP dan torsi 360 Nm. Untuk harga, Changan Uni-K kabarnya dijual mulai dari sekitar $ 27.000 dan akan tiba di dealer di Cina pada kuartal pertama 2021.

Jadi gimana nih menurut kalian? Tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Original Article