Cakep Banget, Motor Listrik Jerman “Novus” Berteknologi Tinggi dan Enteng

Cakep Banget, Motor Listrik Jerman “Novus” Berteknologi Tinggi dan Enteng

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Sepeda motor listrik asal Jerman, Novus, menghadirkan motor listrik dengan rangka yang terbuat dari serat karbon sehingga relatif lebih enteng. Tapi, meski barangnya enteng, harganya cukup “berat” lho.

Startup sepeda motor listrik asal Jerman, Novus menghadirkan motor listrik dengan menggunakan rangka serat karbon yang menjadikannya relatif ringan. Dengan desain baru yang menjadikan motor ini lebih kokoh, harga yang harus dirogoh demi Novus ini rupanya cukup membuat meringis.

Electrek menyebutkan bahwa e-motorcycle Novus mengadopsi rangka, swingarm, pelek, dan garpu yang terbuat dari serat karbon, oleh karena itu, berat seluruh rangka hanya 7 kg saja, lho. Desainer Novus ingin menggabungkan rancangan sepeda dan motor, sehingga lahirlah konstruksi ringan ini.

“Pendekatan desain kami adalah menggabungkan keunggulan dunia sepeda dengan keunggulan dunia sepeda motor. Ringan dan kelincahan pedelec yang dikombinasikan dengan performa dan kedaulatan sebuah sepeda motor. Kami melihat celah di sini yang ingin kami tutup dengan Novus,” jelas tim dari Novus.

Novus selain memiliki opsi pengereman regeneratif aktif dan pasif, dilengkapi juga dengan motor hub belakang penggerak mesin dengan output puncak 18 kW, sehingga mampu menghasilkan 24 hp. Pabrikan Jerman tersebut juga mengklaim motor listrik mereka satu ini bisa mencapai kecepatan tertinggi 120 km/jam dan mencapai jarak 0-50 km/jam dalam waktu 3 detik saja.

Motor listrik berbaterai 4,3 kWh yang beratnya 19 kg ini dipasang permanen di bawah rangka tengah yang berfungsi untuk menurunkan pusat gravitasi motornya. Dengan waktu 30 menit, baterai bisa terisi 0-80% dan mampu menjangkau jarak 100 km dengan kecepatan perkotaan.

Novus sendiri juga menyisipkan teknologi berupa layar LED besar yang juga bisa digunakan sebagai tempat smartphone. Aplikasi Novus yang ada di smartphone bisa digunakan untuk melihat informasi kendaraan, mengubah pengaturan sepeda, dan mengaktifkan berbagai fitur. Tanpa kunci fisik, motor listrik ini menggunakan aplikasi atau chip NFC untuk membuka kuncinya.

Akan dibuat sekitar 2 tahun lagi, motor listrik ini akan dipasarkan sekitar Rp 806,7 jutaan. (Litha/Prob/NM)

The post Cakep Banget, Motor Listrik Jerman “Novus” Berteknologi Tinggi dan Enteng appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.

Original Article