BMW R 18, Senjata Baru BMW Motorrad Indonesia Masuki Dunia Harley-Davidson

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Inidia Sob, motor terbaru dari BMW yang membawa pabrikan motor asal Jerman tersebut mulai melangkah ke dunia yang selama ini didominasi oleh motor legendaris Amerika, Harley-Davidson. Yupps, BMW R 18.

Dalam waktu dekat, R 18 akan resmi masuk pasar Indonesia melalui BMW Motorrad Indonesia dimana R 18 sendiri tersedia dalam varian standard dan Firts Edition.

Sebelumnya R 18 hadir sebagai model konsep di EICMA tahun 2019 lalu. Motor ini terinspirasi gaya dari BMW klasik R 5. Kini, R 18 hadir tanpa banyak mengalami perubahan. Cruiser R 18 terlihat memukau dengan aksen retro yang terlihat dari berbagai dusut. Cruiser bermesin 1800 cc ini menawarkan kesempurnaan detil pada sitiap bagian. Drive shaft terbuka yang diusung BMW R 18 terinspirasi dari motor-motor lawas BMW.

Saat mengarahkan mata ke bagian knalpotnya, Sobat Zonbie akan menemukan kesan yang sangat klasik dengan gaya ekor ikan pada pipa gas buang tersebut. Selain itu, BMW menawarkan banyak aksesoris untuk menyempurnakan R 18 untuk memenuhi keinginan penggunanya.

Diantara aksesoris yang disediakan BMW adalah komponen alumunium bolt-on dari Roland Sands Designs, pipa knalpot dari Vance & Hines, dan jok spesial Mustang. Selain itu, BMW juga menjelaskan bahwa pengguna R 18 bisa mengubah model stangnya sesuai selera dan kenyamanan seperti model Bobber, Bagger atau bahkan stang monyet.

Pengguna R 18 juga bisa mengganti jok dengan model Bobber agar terlihat lebih klasik.

BMW benar-benar telah memikirkan kemudahan proses penggantian komponen tersebut dengan membuat jalur kabel rem, kopling dan kabel stang. Semua plug-and-play yang membuat proses penggantian stang jadi mudah. BMW juga menyediakan opsi pelek pengganti.

Tampilan memang klasik, tapi teknologi yang diusung cukup modern. Sebut saja speedometer semi-digital dengan tiga mode berkendara yang ditawarkan Rain, Rock, dan Roll.

Untuk keselamatan, R 18 mendapatkan Kontrol Stabilitas Otomatis (ASC), dan sistem ABS Integral (sistem pengereman ABS gabungan). Belum cukup? BMW tambahkan opsi lagi seperti hill-start assist, grip berpemanas, lampu menikung, dan gigi mundur.

Dari kesemuanya itu, yang paling menonjol pada BMW R 18 adalah mesinnya. Mesin tipe boxer 1802cc 6 percepatan, berpendingin udara dan oli diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 91 HP pada 4,750 rpm dan torsi 158 Nm pada 3,000 RPM.

Memang tenaganya tak terlalu besar untuk ukuran mesin 1800cc, tapi torsi yang ditawarkan cukup mengesankan. BMW mengklaim bahwa torsinya dapat dinikmati sejak awal putaran mesin.

Keunggulan torsinya dianggap mampu mendukung bobot cruiser yang lumayan berat, yakni 345 km. Berkat kombinasi torsi besar dan tenaganya, R 18 diklaim hanya butuh waktu 5 detik untuk melesat dari kecepatan 0 – 100 km/jam.

Berapa harga yang akan dibandrol BMW Motorrad Indonesia pada R 18 ini..? Kita tunggu saja pekan depan.

The post BMW R 18, Senjata Baru BMW Motorrad Indonesia Masuki Dunia Harley-Davidson appeared first on Zonabikers.com.

Original Article