Biar Cat Motor Tetap Bagus, Begini Cara Gampang Merawatnya Ala Wahana 

Biar Cat Motor Tetap Bagus, Begini Cara Gampang Merawatnya Ala Wahana 

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Agar cat motor tetap bagus dan mengkilap seperti baru, Wahana Honda memberikan tips bagaimana cara yang mudah untuk menjaga kemolekkannya saat melakukan perawatan motor sendiri.

Motoris tentu suka dan senang jika tampilan motornya segar dan body-nya bak berbinar. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan menjaga kualitas cat pada motor, pencucian motor tidak boleh sembarangan agar warna aslinya tidak menurun.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa dilakukan sendiri untuk merawat warna dari cat motor sekaligus cara yang baik dalam mencuci motor sendiri dari Wahana Honda:

  • Jangan tunggu motor menjadi kotor
    Jangan tunggu motor kotor dahulu baru diputuskan untuk dicuci. Hal tersebut merupakan langkah yang salah, karena saat motor sudah kotor, noda atau kotoran lain yang sudah melekat lebih dulu pada cat di body kendaraan akan lebih sulit untuk dihilangkan. Karena itu, usahakan mencuci motor setidaknya 2 atau 3 minggu sekali.
  • Jangan menggunakan sabun colek atau deterjen
    Sangat dianjurkan mencuci motor dengan sabun khusus yang sudah banyak di pasaran dan mudah didapatkan. Sangat tidak dianjurkan menggunakan sabun deterjen atau sabun colek untuk mencuci motor karena kandungan dalam sabun-sabun tersebut justru dapat merusak lapisan cat terluar dari motor, dan efek jangka panjangnya adalah bisa membuat motor terlihat kusam meskipun sebenarnya dalam keadaan bersih.
  • Gunakan pengkilap motor
    Saat ini banyak sekali produk pengkilap motor yang dijual bebas di pasaran, dan mungkin terlihat sama bagi sebagian orang. Namun nyatanya, ada produk-produk tertentu yang memiliki kandungan kimia yang sangat keras dan dapat merusak lapisan cat pada motor. Oleh sebab itu, gunakanlah pengkilap motor yang sebenarnya dan yang banyak direkomendasikan.
  • Letakkan motor di tempat teduh atau bungkus dengan pembungkus khusus motor
    Saat akan parkir di tempat lain, pilih tempat parkir yang memiliki atap. Apabila tidak ada, cari tempat yang cukup teduh seperti di bawah pohon untuk melindungi motor dari sinar matahari langsung. Kalau hal-hal tadi tidak tersedia atau tidak memungkinkan, jalan lainnya adalah dengan membungkus motor dengan pembungkus khusus motor yang sudah banyak dijual di mana-mana.

Dengan mengupayakan hal-hal di atas, bisa dipastikan bahwa usia cat motor akan bertahan lebih lama dan kondisinya akan tetap bagus serta mengkilap seperti baru. (Litha/Prob/NM)

The post Biar Cat Motor Tetap Bagus, Begini Cara Gampang Merawatnya Ala Wahana appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.