Bermain Game Berat dengan Samsung Galaxy Tab S7 Series? Siapa Takut!

Bermain Game Berat dengan Samsung Galaxy Tab S7 Series? Siapa Takut!

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Sejak diumumkan pertama kali di Korea pada Virtual Galaxy Unpacked, spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7 Series sudah terdengar bisa menggoda banyak orang. Spesifikasi yang tinggi pada tablet berukuran 11 inci dan 12,4 inci ini membuat Galaxy Tab S7 Series sebagai tablet flagship keluaran Samsung di tahun 2020 ini. Spesifikasi ini juga membuat banyak orang tidak ragu untuk menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas yang membutuhkan banyak perhatian sekalipun. Fitur-fiturnya sangat membantu para pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk hiburan.

Namun, apakah dengan spesifikasi tersebut, Galaxy Tab S7 Series ini juga mumpuni diajak bermain game? Terutama game-game berat yang populer saat ini. Tenang saja, untuk saat ini prosesor Snapdragon 865+ masih menjadi prosesor keluaran Qualcomm dengan kasta paling tinggi. Performa yang dihasilkan tidak main-main. Apalagi prosesor ini dibuat dengan teknologi 7nm. Dengan demikian, ukurannya menjadi lebih ringkas dan menjadi lebih hemat daya.

Prosesor Snapdragon 865+ ini juga membawa fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming di dalamnya. Fitur ini dapat memindahkan kenyamanan bermain game di PC ke dalam perangkat mobile. Apalagi prosesor ini juga sudah siap mendukung jaringan 5G yang super cepat. Penggunaan prosesor ini juga mampu meningkatkan performa CPU hingga 30%. Dengan kemampuan ini, tentunya bermain game dengan Galaxy Tab S7 Series menjadi lebih nyaman.

Kenyamanan bermain game ini juga didukung dengan penggunaan memori yang besar. Samsung Galaxy Tab S7 dibekali memori sebesar 6GB dan storage 128GB. Sementara untuk Galaxy Tab S7+ dibekali memori 8GB dan storage 256GB. Keduanya masih mendukung memori eksternal MicroSD hingga 1TB. Menariknya, teknologi memori ini juga sudah menggunakan teknologi terbaru, yaitu LPDDR5. Keuntungan menggunakan LPDDR5 adalah kecepatan transfernya yang tinggi. Kecepatannya mencapai 6.400 Mb/s. Ini 50% lebih cepat dibandingkan teknologi memori sebelumnya, yaitu LPDDR4X. Walaupun memiliki kecepatan transfer yang tinggi, tetapi LPDDR 5 sangat hemat dalam penggunaan daya. Daya yang digunakan LPDDR5 bisa 30% lebih hemar dibandingkan LPDDR4X.

Nah, paduan prosesor dan memori ini tentunya membuat Galaxy Tab S7 Series tidak ada hambatan saat digunakan bermain game. Bahkan untuk game yang berat sekalipun. Game-game seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, FreeFire, Fortnite, hingga Genshin Impact pun bisa dimainkan dengan mulus tanpa lag.

Game Lebih Nyaman dengan Dukungan Layar Besar dan Refresh Rate Tinggi

Bermain game dengan Galaxy Tab S7 Series juga bisa menjadi lebih nyaman. Hal ini berkat ukuran layar dua Galaxy ini yang cukup besar. Samsung Galaxy Tab S7 memiliki layar 11 inci dengan jenis LTPS IPS LCD. Sementara Galaxy Tab S7+ sudah menggunakan layar Super AMOLED 12,4 inci. Ini membuatnya menjadi tablet dengan ukuran layar terbesar dan terjernih untuk saat ini.

Selain layar tablet yang besar, bermain game dengan duo tablet Samsung ini juga nyaman di mata. Hal ini berkat adanya refresh rate yang tinggi di Galaxy Tab S7 Series. Nilai refresh ratenya mencapai 120Hz. Refresh Rate 120Hz berarti perangkat mampu menampilkan 120 frame setiap detiknya. Ini tentuny ajauh berbeda dengan kebanyakan tablet yang beredar di Indonesia saat ini, dimana mereka masih banyak yang menggunakan refresh rate 60Hz. Semakin tinggi refresh rate pada sebuah layar, tentu saja semakin mulus gambar yang dihasilkannya. Dengan begitu, mata pun tidak menjadi cepat lelah.

Performa kencang untuk gaming. foto: SAMMobile

Dukungan Wireless DeX dan Dolby Atmos

Masih kurang puas dengan ukuran layar 11 inci dan 12,4 inci? Tampaknya Samsung masih memberikan keleluasaan bagi pengguna Galaxy Tab S7 Series ini. Hal ini karena Samsung membekali kedua tablet dengan fitur Wireless DeX. Fitur ini mampu mentransformasikan gamnar di layar tablet ke layar monitor yang lebih besar seperti smart TV. Syaratnya cuma satu yaitu perangkat monitor besar atau smart TV sudah mendukung fungsi mirroring.

Aktifkan saja fungsi Wireless DeX ini dengan cara menahan icon DeX di Notification Bar lalu scan perangkat monitor atau TV yang ada di sekitar. Setelah tersambung, tampilan tablet akan diduplikasi ke layar smart TV. Dengan cara ini tampilan game menjadi lebih besar. Namun, agar Anda bisa nyaman memainkannya, ada baiknya tambahkan perangkat pendukung game lainnya seperti joystick, gamepad, maupun mouse, yang sudah mendukung koneksi wireless atau bluetooth. Mengapa harus menyediakan perangkat pendukung tambahan? Hal ini karena tablet masih tidak bisa menjadi pusat kontrol dalam bermain game.

Jika bermain game di tablet lainnya, kualitas suaranya masih kurang menjanjikan, berbeda sekali dengan Galaxy Tab S7 Series ini. Tidak usah khawatir dengan kemampuan audionya yang menggelegar. Samsung Galaxy Tab S7 Series ini sudah menggunakan empat speaker yang masing-masing berkemampuan 1,6W. Empat speaker ini juga dibekali dengan teknologi AKG Harman dan mendukung sistem audio Dolby Atmos. Suara yang dihasilkannya pun akan jauh lebih baik dibandingkan produk lainnya yang sejenis.

Dukungan Baterai yang Super Besar

Samsung membekali galaxy Tab S7 dengan baterai berkapasitas 8.000mAh. Sementara Samsung Galaxy Tab S7+ memiliki kapasitas baterai 10.090mAh. Kapasitas besar tersebut tentunya membuat durasi pemakaian tablet menjadi lebih lama. Ini tentunya berdampak juga pada durasi bermain game.

Apalagi baterai sebesar itu juga mendukung sistem pengisian cepat 45W. Tentunya mengisi daya tablet menjadi lebih singkat dibandingkan sebelumnya. Dengan pengisian cepat ini, Galaxy Tab S7 bisa terisi penuh kembali hanya dengan waktu 81 menit saja. Sementara Galaxy Tab S7+ membutuhkan waktu sedikit lebih lama, yaitu 87 menit.

“Keberadaan tablet memang tampaknya bisa menggantikan fungsi laptop. Saya sendiri menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab S7+ ini untuk berbagai halm mulai dari berinteraksi, meeting, hingga mendapatkan berbagai proyek pekerjaan. Ada banyak fitur di Samsung Galaxy Tab S7+ yang membantu pekerjaan saya. Bahkan me time saya setelah meninabobokan anak juga menjadi lebih menyenangkan,” ujar Wahyu Aditya, animator profesional yang sudah merasakan banyak manfaat dari kehadiran Samsung Galaxy Tab S7 Series ini.

Wahyu Aditya

Jadi, apakah Anda masih penasaran dengan kemampuan tablet ini? Kalau begitu, Anda bisa mengunjungi laman ini untuk melihat spesifikasi yang lebih detil mengenai Samsung Galaxy Tab S7 Series.

Original Article