Berikut Indikasi Sepeda Motor Harus Turun Mesin

Berikut Indikasi Sepeda Motor Harus Turun Mesin

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Mesin setelah masa kerja tertentu perlu service berat. Begini ciri-ciri jika mesin sudah harus overhaul atau turun mesin.

Bagi orang awam yang tidak terlalu paham mesin motor, untuk mengenali ciri-ciri mesin motornya perlu overhaul tentu bukanlah hal yang mudah. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengenali ciri-ciri mesin motor sudah memerlukan overhaul atau turun mesin. Beberapa hal yang dapat diperhatikan seperti:

Keluarnya asap putih dari knalpot

Keluarnya asap putih dari knalpot merupakan Hal yang paling sering terjadi pada mesin motor akibat minim perawatan. Hal ini dikarenakan oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar mesin. Jika dibiarkan, kondisi ini semakin membuat mesin motor kehilangan performa dan bisa merusak komponen dalam mesin.

Mesin motor susah menyala

Ciri berikutnya adalah saat motor digunakan dan didiamkan beberapa saat, mesin motor susah di-start kembali. Biasanya hal ini diakibatkan karena oli mesin masuk ke ruang bakar mesin dan membuat busi basah. Hal ini berdampak juga pada masa pakai busi yang tidak panjang.

Suara mesin kasar

Suara mesin yang kasar juga sebagai penanda bahwa oli mesin yang ada di dalam mesin berkurang banyak atau habis. Sehingga mengakibatkan gesekan antar komponen menjadi keras dan menimbulkan bising.

Mesin motor tidak ada tenaga

Mesin motor terasa tidak bertenaga saat digunakan, akselerasi lambat dan sulit mencapai kecepatan tinggi. Hal ini dikarenakan dinding silinder sudah tergores atau baret karena minimnya pelumasan. Sehingga kompresi tidak terjadi secara optimal.

Suhu mesin meningkat

Suhu mesin yang terus meningkat walaupun dipacu dalam kecepatan rendah. Dampak dari hal ini adalah mesin sering mengalami overheat. Hal ini bisa mengakibatkan mesin mati secara mendadak karena minim proses pendinginan dari oli mesin atau radiator.

“Paling penting itu perawatan motor jangan sampai telat, apalagi jika digunakan untuk aktifitas harian. Untuk motor 4-tak jangan sampai telat ganti oli mesin, disamping servis berkala juga harus rutin. Sedangkan untuk motor 2-tak jangan sampai kehabisan oli samping, sebab jika harus turun mesin biayanya tidak murah, meski setiap jenis motor harganya tidak sama,” unkap Doddy dari bengkel Nirwana yang berlokasi di kawasan Pondok Cabe. (Daus/Prob/NM).

The post Berikut Indikasi Sepeda Motor Harus Turun Mesin appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.