Bentuk Busi Motor Big Skutik Honda Dan Yamaha Berbeda, Jangan Sampai Salah Beli

Bentuk Busi Motor Big Skutik Honda Dan Yamaha Berbeda, Jangan Sampai Salah Beli

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Gilmoters pemiliki big skutik Honda dan Yamaha wajib waspada nih, jangan sampai permasalahan salah busi bisa mengganggu perjalanan kalian.

Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan bahwa busi beberapa motor big skutik seperti Honda Forza, Honda PCX 150 dan Honda ADV150 memiliki busi yang panjang ulirnya beda dari motor yang lainnya Gilmoters.

(Baca juga: Mengenal Kunci Momen, Solusi Baut Slek Dan Patah)

“Busi NGK LMAR8A-9 & Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX & Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm.”

Bentuk yang beda ini bukan tanpa alasan Gilmoters, Diko juga memaparkan alasan dari bentuk busi yang lebih panjang dari tipe lainnya.

1. Meningkatkan efisiensi system pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi.
2. Ruang bakar & sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi.
3. Jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking.
4. Lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel.

Sementara itu Honda ADV150 dan PCX 150 memiliki fitur dan material khusus sifat anti-spark erosion & anti-oxidation sehingga meningkatkan perfoma dan umur yang lebih panjang.

Jadi untuk Gilmoters yang ingin membeli busi ada baiknnya memperhatikan part number busi yang sesuai. Pasalnya jika salah bisa berakibat motor tidak bisa hidup Gilmoters.

Diko juga mengatakan pada umumnya busi memiliki panjang 19mm jika ukuran busi lebih panjang otomatis akan mentok di tengah – tengah lubang busi silinder head, sementara jika sebaliknya busi tidak akan sampai ke ruang bakar sehingga tidak ada percikan pada ruang bakar dan motor tidak akan hidup Gilmoters.

Original Article