Benelli Rancang Lawan untuk Triumph Tiger 1200 dan BMW R 1250

Benelli Rancang Lawan untuk Triumph Tiger 1200 dan BMW R 1250

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Benelli dikabarkan menyiapkan model tourer baru. Motor ini akan menggunakan mesin berkapasitas 1.200cc. Meski demikian motor ini tidak langsung dibangun Benelli, tapi dari Qiangjing, brand Cina yang menjadi induk mereka. Model ini akan menjadi lawan Triumph Tiger 1200 dan BMW R 1250 RT.

Benelli memang tengah mentereng. Pabrikan asal Italia itu mencatat rekor penjualan baru secara beruntun pada 2018 dan 2019. So, sangat logis jika pabrikan ini ingin meneruskan tren mereka termasuk dengan menambah model baru.

Kabar yang beredar menyebutkan jika Benelli menyiapkan beberapa model termasuk TRK ADV dengan mesin yang lebih besar dan juga sportsbike 600RR. Nah, isu teranyar menyebutkan model baru mereka bisa jadi datang dari Cina.

Ada gambar yang bocor di Kementerian Industri dan Informasi negara tersebut. Motor ini menggunakan mesin 1.203cc dan diberi nama QJ1200-3. QJ bisa jadi kependekan dari QianJiang grup, pabrikan otomotif asal Cina yang memiliki merek Benelli sekarang. Angka 1200 memiliki definisi kapasitas mesin yang diusung dan “3” untuk konfigurasi tiga silinder mesin yang digunakan.

Baca juga: Ini Motor Baru Benelli di 2020

Baca juga: Bandingkan Kecanggihan Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250 Termahal

Mesin Besar

Belum ada penjelasan soal peluncuran resmi. Namun jikapun terealisasi, unit pertamanya kemungkinan digunakan lebih dulu oleh jajaran kepolisian Cina. Setelah itu barulah pabrikan melakukan produksi untuk komersial.

Kabar mengenai motor Benelli bermesin besar dengan tipe tourer memang sudah lama terdengar. Sebelumnya sempat ada kabar kalau pabrikan ingin melahirkan GT 1200. Namun, hingga saat ini produk itu tidak kunjung meluncur.

Bila menilik data teknisnya, bisa saja ia digunakan Benelli untuk pasar Eropa. Motor ini bisa dipakai untuk menyaingi motor sejenis yang sudah lebih dulu eksis. Sebut saja Triumph Tiger 1200 atau BMW R 1250 RT yang berjaya di Benua Biru.

Benelli Tornado 1130

Oke, kembali ke model ini. Spesifikasi mesin Benelli QJ1200-3 ini belum terungkap. Yang paling mendekati Benelli kemungkinan menghidupkan kembali mesin berkapasitas 1.103 cc-nya yang pernah digunakan pada model Tornado 1130. Mesin ini bertenaga maksimum 134 hp @ 10.500 rpm dan torsi 124 Nm @ 8.000 rpm. Sedangkan kecepatan maksimal bisa hingga 220 km/jam. Ini akan menjadi mesin terbesar dan paling kuat yang pernah mereka diproduksi di Cina.

Sudah tentu model ini menjadi ancaman bagi model-model lain seperti BMW R 1250 RT dan Triumph Tiger 1200. Ini jelas bisa jadi acaman bagi merek asal Jerman dan Inggris tersebut. Apalagi jika nanti harga yang ditawarkan Benelli lebih murah.

Sekedar informasi Qianjiang membeli Benelli pada 2005 dan meraup banyak untung. Tahun lalu Benelli menjual 63.000 unit yang menjadi rekor baru. Meski dibelakangnya ada Qianjiang, tidak mengganggu popularitas Benelli. Terbukti penjualan mereka tetap moncer di bawah Qianjiang. Di Negeri Pizza, Benelli mampu menyalip Ducati yang notabene brand lokal. Produk-produknya seperti TRK series, TNT series maupun Leoncino series, diterima baik oleh pecinta roda dua. Bahkan TRK502 menjadi motor ketiga terlaris di Italia.

Sumber: Bikes Republic, Visordown

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

The post Benelli Rancang Lawan untuk Triumph Tiger 1200 dan BMW R 1250 appeared first on Motovaganza.

Original Article