Belum Hybrid, Suzuki Jimny Discontinue di UK

Belum Hybrid, Suzuki Jimny Discontinue di UK

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

Autonetmagz.com – Kalau ngomongin Suzuki, nama mobil yang selalu menarik untuk dibahas adalah Suzuki Jimny. Setidaknya begitulah kondisinya dalam 2-3 tahun terakhir ini. Nah, kali ini, kami akan kembali membahas si SUV kompak Nan kontroversial tersebut. Sayangnya, kabar yang akan kami bahas kali ini bukan lah kabar baik, melainkan kabar buruk.

Mengutip informasi via Autocar, Suzuki di Inggris (UK) baru – baru ini mengambil keputusan tegas terkait jajaran produk yang mereka jual. Mereka memutuskan untuk tidak memberikan ruang sedikit pun untuk kendaraan konvensional, dimana Jimny merupakan salah satunya. Suzuki UK memutuskan untuk hanya menjual produk – produk ramah lingkungan saja disana, yang artinya merujuk pada jajaran produk Hybrid milik Suzuki. Alhasil, mobil – mobil yang masih menggunakan mesin ICE biasa pun tidak bisa di pesan lagi, dan statusnya hanya tinggal menghabiskan stok yang sudah dikirim ke diler – diler di Inggris. Sebenarnya, indikasi ini sudah terlihat sejak awal tahun 2020 ini.

Kala itu, Suzuki UK menyebutkan bahwa Suzuki Jimny hanya akan dijual dalam skala kecil di tahun 2020 ini. Nah, pihak Suzuki juga sudah mengkonfirmasi bahwa jumlah yang terbatas dari Suzuki Jimny akan didistribusikan untuk memenuhi pesanan yang sudah masuk dari konsumen dalam tempo 4 hingga 5 bulan ke depan. Setelah itu, Suzuki Jimny akan sepenuhnya disuntik mati di pasar UK. Suzuki Jimny sendiri mencatatkan angka emisi gas buang di angka 154g/km, yang artinya jauh diatas batas standar 95g/km yang harus dipenuhi oleh pihak Suzuki di tahun 2021 mendatang. Setelah Suzuki Jimny disuntik mati nantinya, Suzuki UK akan Bergantung pada 5 model mobil berteknologi mild hybrid mereka.

Mobil – mobil tersebut adalah Suzuki Vitara, Suzuki SX4 S-Cross, Suzuki Swift, Suzuki Swift Sport dan Suzuki Ignis. Kelima nya mengandalkan teknologi mild hybrid 12V dan 48V. Untuk teknologi mild hybrid 48V sendiri digunakan oleh Suzuki Vitara, Suzuki Swift Sport dan Suzuki SX4 S-Cross. Sedangkan sisanya menggunakan teknologi mild hybrid 12V. Oiya, selain kelima produk tersebut, akan ada 1 produk lain yang dijual di UK. Yap, apalagi kalau bukan jagoan terbaru Suzuki dengan teknologi plug-in hybrid yaitu Suzuki Across. Suzuki akan memanfaatkan produk hasil kerjasama dengan Toyota tersebut untuk meningkatkan penjualan di Eropa, termasuk di Inggris Tentunya.

Jadi, Sayounara untuk Suzuki Jimny, di UK. Kalau di Indonesia sih pasti tetap dijual asalkan suplai dari Jepang tetap lancar. Bagaimana menurut kalian?

Original Article