Begini Ubahan Agar All New Honda Scoopy Bisa Pakai Pelek 14″

Begini Ubahan Agar All New Honda Scoopy Bisa Pakai Pelek 14″

Shared by Naikmotor.com for IIMS

Begini Ubahan Agar All New Honda Scoopy Bisa Pakai Pelek 14″

NaikMotor – Scoopy kini sudah beroda 12″, tetapi ada juga yang ingin mengubahnya menjadi 14″. Begini ubahannya agar Scoopy pakai pelek 14 inci.

Sebagai penikmat motor berkecepatan di lintasan sirkuit, Joko Widiyanto owner dari skuter lansiran 2019 Honda New Scoopy kesayangan, ikut di dandaninya. Cukup bermain instan tanpa banyak ubahan yang jelimet, tapi hasilnya skuter berkapasitas 115 cc jadi lebih keren diajak riding dan eye catching. Sepasang pelek aftermarket keluaran dari RCB tipe SP 811 warna gold untuk Honda Click berdiameter 14 inchi. Ternyata memiliki kesamaan dan bisa dibenamkan pada Honda New Scoopy yang notabene memliki lingkar roda 12 inchi.

Ubah panjang bushing roda bagian kanan kiri agar terpasang sempurna di sok depan.

Anto Ongisnade selaku owner bengkel Lokal Racing yang buka di Jalan Mochtar Raya, Kreo Bates, Jakarta Selatan, kebagian jadi eksekutornya. “ Konfigurasi lebar pelek RCB SP 811 yang masih sesuai untuk masuk di Honda New Scoopy, dibagian haluan 185 x 14 dan buritan 215 x 14. Dibalut ban IRC Fasti Pro 90/80-14 depan belakang, membuat tapak ban jadi lebih lebar dan masih harmonis. Performa compound ban balap sudah tak perlu diragukan lagi,” terang pria asal Malang ini.

Agar Scoopy pakai pelek 14, Pae panggilan Anto melanjutkan, “Hanya perlu sedikit penyesuaian pada pelek depannya agar terpasang sempurna di sok depan Honda New Scoopy. Yaitu bushing baru yang wajib dibikin ulang karena memiliki panjang yang berbeda. Pada bushing bagian kanan, ukuran standarnya 33 mm harus ditambah 5 mm menjadi 38 mm. Sedangkan kirinya, panjang bushing standar 20,5 mm kudu dipanjangkan menjadi 24,5 mm. Bahan bushing bisa menggunakan selongsong pipa atau bahan khusus lainnya, asal lingkar dalam muat dengan as rodanya, “ urai mekanik piawai ngorek motor 2Tak Satria ini.

“Pada pelek belakang, tidak memerlukan ubahan sama sekali, karena as gerigi pada teromol antara Honda Click alias Vario 110 dan New Scoopy memiliki kesamaan alurnya. Jadi bisa langsung plug n play. Jangan lupa untuk menyetel jarak main paha rem yang menekan kampas rem belakang,” pungkasnya. (Maleha/Contrib/NM)

The post Begini Ubahan Agar All New Honda Scoopy Bisa Pakai Pelek 14″ appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.