Begini Teknik Pengereman yang Baik saat Berkendara di Musim Hujan

Begini Teknik Pengereman yang Baik saat Berkendara di Musim Hujan

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Wahana Honda membagikan tips melakukan pengereman yang baik untuk menghindari tergelincirnya kendaraan saat berkendara di musim hujan.

Hujan dan banjir disebut-sebut menjadi salah satu faktor meningkatnya kecelakaan lalu lintas. Pengendara bisa jadi kurang awas terhadap motor yang dikendarai, atau bahkan ada kesalahan teknis saat berkendara. Tak hanya itu, cara berkendara yang kurang tepat juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, Wahana Honda pun membagikan tips seputar cara menggunakan rem saat berkendara di tengah hujan.

Ada beberapa teknik pengereman yang bisa dipelajari dan diterapkan saat melewati jalanan yang basah dan licin. Cara pengereman yang dianjurkan oleh Wahana ini akan membantu pengendara untuk terhindar dari terpeleset atau tergelincir.

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan pengereman sepeda motor saat musim hujan:

  • Gunakan 4 jari

Dengan menggunakan 4 jari kanan untuk pengereman ban depan, Motoris bisa lebih maksimal dalam menghentikan laju kendaraan. Terlebih sat melalui jalan licin, jika rem tidak bekerja maksimal, risiko terpeleset bisa saja menimpa.

  • Lepaskan gas motor

Jika ingin menghentikan kendaraan di tengah hujan atau jalanan yang basah dan licin, rupanya perlu juga untuk melepas handle gas motor agar kendaraan berhenti lebih cepat. Jika mengerem namun gas tetap ditarik, proses pengereman tidak akan terjadi secara optimal dan percuma.

  • Pegang setang motor dengan kuat dan erat

Setang harus dipegang kuat untuk mengantisipasi ban motor mengalami selip, sehingga pengendara masih bisa refleks dan menopang motor dengan kaki dan tubuh.

  • Kurangi kecepatan secara bertahap

Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari ban selip. Jangan lupa perhatikan kondisi jalan yang dilalui, ya!

  • Hindari memakai rem belakang

Rem belakang jika dipakai saat tengah hujan disebut justru akan lebih membahayakan. Ini terjadi karena risiko sliding jadi jauh lebih besar, sehingga saat melewati tikungan, bisa saja malah jatuh dan tergelincir.

Itu tadi beberapa tips melakukan pengereman motor saat musim hujan. Jangan lupa selalu prioritaskan keselamatan saat berkendara di atas segalanya. (Litha/Prob/NM)

The post Begini Teknik Pengereman yang Baik saat Berkendara di Musim Hujan appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.