Begini Perawatan Rem ABS Pada Motor

Begini Perawatan Rem ABS Pada Motor

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Beberapa motor massal lansiran terbaru saat ini sudah di lengkapi fitur Anti-lock Bracking System (ABS). Sebelumnya fitur ini hanya disematkan pada motor dengan kapasitas di atas 250 CC. lalu apa sebenarnya fungsi ABS?

Apa itu rem ABS, bagaimana cara kerja rem ABS? pertanyaan itu sering dilontarkan konsumen saat berniat membeli motor. Bukan tanpa alasan, motor yang sudah ditanamkan fitur ABS biasanya terdapat di tipe tertinggi dan tentu saja harganya akan lebih mahal dari tipe lainnya.

Rem ABS atau yang disebut juga dengan Anti-lock Braking System adalah sebuah sistem rem yang ada di kendaraan agar tidak terjadi penguncian roda saat terjadi pengereman secara mendadak.

“Rem ABS tidak akan bekerja ketika handle rem ditekan secara normal tanpa kejutan (mendadak). Namun ketika handle rem ditekan secara tiba-tiba (rem mendadak) maka sistem rem ABS melalui speed sensor akan memberikan signal kepada ABS control unit untuk mengatur pengereman pada piston rem secara beraturan dengan memberikan tekanan pada brake pad (kanvas rem) dan tidak memberikan tekanan pada brake pad,” ujar Dicky Hernawan selaku Area Service Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

“Proses pengurangan, penahanan dan peningkatan tekanan fluida berlangsung sangat cepat, yaitu sekitar 15-50 kali per detik. Sehingga roda tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak,” tambah Dicky sapaan akrabnya.

Indikator ABS pada speedometer motor. Foto: Daus

Untuk perawatan fitur ABS, biasanya ada tiga standar tahapan di bengkel resmi. Yang pertama melakukan pengecekan fungsi ABS menggunakan komputer, kemudian Melakukan penggantian minyak rem secara berkala sesuai anjuran buku petunjuk servis. Dilanjutkan melakukan pengecekan terhadap speed sensor dan rotornya (pitch untuk membaca kecepatan) serta melakukan pembersihan dari debu dan kotoran lain nya yang menempel pada bagian komponen-komponen rem ABS.(Daus/Contrib/NM).

The post Begini Perawatan Rem ABS Pada Motor appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.