Begini Memilih Spion Untuk Modifikasi, Tetap Keren Saat Berkendara

Begini Memilih Spion Untuk Modifikasi, Tetap Keren Saat Berkendara

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Selain bagian dari fitur keselamatan, kaca spion juga berpengaruh terhadap estetika desain dan warna motor setelah dimodifikasi. Berikut tips memilih spion yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi dan keselamatan berkendara.

Fungsi spion pada sepeda motor sangat penting, yaitu untuk merefleksikan situasi dan kondisi yang ada di belakang ketika sedang berkendara. Karenanya, apabila punya rencana untuk mengganti disarankan tetap sesuai dengan ketentuan atau aturan.

“Fungsi utama spion untuk keselamatan selama berkendara. Selain itu spion juga berguna sebagai aksesoris penambah estetika motor yang sudah di modifikasi,” Terang Bule, Owner sekaligus builder Gator Motorcycles.

Jenis spion custom Jalu. Foto: Istimewa

Bule juga menjelaskan, posisi spion juga harus diperhatikan agar tidak menganggu pandangan ke belakang, tidak bergetar saat motor sedang berjalan serta tidak terganggu posisi tangan saat berkendara.

“Dalam memilih spion modifikasi selain soal selera, juga perhatikan gaya modifikasi motor, warna serta konsep aliran modifikasinya. Selain itu pilihlah yang menggunakan kaca cembung, karena agar penglihatan lebih jelas serta meminimalisir blind spot.”

Spion custom Honda PCX. Foto: Istimewa

Penggunaan spion motor sudah diatur dalam Undang-undang. Sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan spion bisa dikenakan sanksi berupa denda Rp 250.000 karena sudah melanggar UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). (Daus/Contrib/NM).

The post Begini Memilih Spion Untuk Modifikasi, Tetap Keren Saat Berkendara appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.