Begini Caranya Libas Tanjakan Pakai Motor Kopling…

Begini Caranya Libas Tanjakan Pakai Motor Kopling…

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Wahana Honda memiliki trik jitu untuk melibas tanjakan dengan menggunakan motor kopling. Gak sembarangan, ada beberapa tips teknik khususnya lho agar bisa menanjak dengan lancar dan aman.

Motor kopling memiliki beragam keunggulan, seperti mudah dan murah untuk perawatan servisnya, serta menawarkan kemudahan bagi sang pengendara dalam melakukan engine brake atau teknik memperlambat kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan tenaga mesin. Teknik ini akan sangat membantu saat Motoris saat harus melewati tanjakan maupun turunan.

Tetapi, rupanya ada teknik khusus yang harus diterapkan saat menghadapi lintasan yang menanjak agar motor tidak mogok. Demi menghindari hal itu, Wahana Honda pun membagikan tips cara melibas tanjakan dengan motor kopling.

Hal pertama, pertahankan kestabilan laju motor, lalu agar mudah menanjak, jangan sampai menggunakan persneling lebih dari gigi 3 ya. Karena rupanya semakin tinggi gigi, maka akan semakan berat bagi kendaraan untuk menanjak. Biasanya, gigi persneling yang direkomendasikan berkisar di angka 2 atau 3, namun, kalau masih terasa berat, bisa diturunkan ke gigi 1.

Kedua, jangan naikkan gigi motor saat sudah menanjak. Hal yang sangat tidak direkomendasikan ini bisa membuat kendaraan jadi berat dan alih-alih bergerak maju, bisa saja malah jadi mogok dan besar kemungkinan motor akan tergelincir mundur.

Ketiga, perhatikan teknik pengereman. Hindari menggunakan rem tangan karena itu berfungsi untuk menghentikan laju ban depan. Sebagai gantinya, gunakan teknik pengereman ban belakang jika ingin menghentikan motor saat di tengah tanjakan. Rem belakang sendiri akan berfungsi untuk menahan motor agar tidak berjalan muncur atau tergelincir.

Keempat, jangan mendahului kendaraan lain! Saat di jalan menanjak, perlu diketahui bahwa ada blind spot di ujung tanjakan, sehingga Motoris tidak bisa melihat kedatangan kendaraan lain dari arah berlawanan. Situasi ini tentunya sangat rentan kecelakaan.

Sebaiknya, utamakan sabar, atau jika terpaksa harus menyelip, pastikan sudah memperhatikan kondisi lalu lintas saat itu juga. Pastikan jalanan cukup luang dan cenderung sepi jika ingin mendahului. Jangan lupa perhatikan aspek lain, seperti membunyikan klakson dan nyalakan lampu sein untuk memberi tanda bagi pengguna jalan lainnya.

Terakhir, saat sudah berhasil melibas tanjakan dan akan melintasi turunan, di posisi ini gigi 3 sudah bisa digunakan. Fitur engine brake juga bisa digunakan agar pengalaman berkendara Motoris saat melintasi turunan terasa jauh lebih nyaman.

Nah, itu tadi beberapa cara jitu melibas tanjakan dengan motor kopling dari Wahana Honda. Jangan lupa untuk tetap hati-hati dan waspada, ya! (Litha/Prob/NM)

The post Begini Caranya Libas Tanjakan Pakai Motor Kopling… appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.