Balap di Rumah : Cara BMW Lawan Pandemi!

Balap di Rumah : Cara BMW Lawan Pandemi!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Harus kita akui bahwa pandemi COVID-19 telah merubah mayoritas kebiasaan kehidupan kita, terutama untuk aktivitas luar ruangan dan yang berinteraksi dengan orang banyak. Oleh karenanya, banyak kegiatan yang harus dibatasi selama pandemi ini masih ada, termasuk event balap. Namun, BMW Indonesia tidak pasrah menerima kondisi ini, malahan mereka menelurkan ide baru untuk tetap menghidupkan dunia balap walau hanya dari Rumah.

BMW Indonesia telah meresmikan kerja sama dengan penyelenggara kejuaraan balap simulator yang telah mendapat pengakuan Komisi E-Motorsport dari Ikatan Motor Indonesia dengan meluncurkan BMW Z4 GT3 sebagai Official Car dari kompetisi “Balap di Rumah”. Kejuaraan ini mengusung tema ‘Race Against Pandemic‘ dan telah berhasil menarik minat 100 peserta untuk berkompetisi. Peresmian kerja sama ini ditandai dengan pengujian secara virtual kendaraan kompetitif dari BMW Motorsport: BMW Z4 GT3 di sirkuit Nürburgring GP oleh Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia bersama Rizal Sungkar, Organizing Committee (OC) Balap di Rumah (BDR) yang juga merupakan anggota Komisi E-Motorsport dari Ikatan Motor Indonesia.

Nah, gelaran ini menggunakan aplikasi game online Assetto Corsa dan bertempat di BMW Artha Motor Lestari, Thamrin, Jakarta. Gelaran ini memiliki konsep untuk mempertemukan pembalap simulator (Sim Racer) dan berkompetisi dengan pembalap profesional. Sampai hari ini 100 slot peserta telah terisi, dimana beberapa pembalap yang telah mendaftarkan diri sejak pembukaan pendaftaran pada 18 September 2020 antara lain, Sean Gelael, Satrio Hermanto, Rama Danindro, Bani Ismiarso, Arwin Taruna, Jaka Siswoyo dan Fickry Segeir. ““Sebagai perusahaan teknologi kendaraan premium dengan DNA motorsport yang kuat, BMW juga memiliki perhatian khusus pada perkembangan Sim Racing.” ungkap Ramesh Divyanathan, Presdir BMW Group Indonesia.

Ramesh juga menambahkan bahwa Sim Racing merupakan salah satu pilar penting dari BMW Motorsport. Melalui Sim Racing, para pembalap professional dapat terus mengasah kemampuannya, terutama dalam hal fokus dan tehnik mengemudi. “BMW Indonesia ingin hadir ditengah generasi muda dan mereka yang berjiwa muda, untuk mengenal brand BMW lebih jauh melalui partisipasi kami di BDR: Race Against Pandemic. Langkah ini juga turut diambil untuk mendukung momentum Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka menekan pertumbuhan kasus COVID-19 di Indonesia” tambahnya. Kejuaraan ini kan dilakukan sebanyak 5 putaran plus satu kali test race pada 23 September di sirkuit virtual Red Bull Ring, Austria.

Nah, jadwalnya adalah sebagai berikut ini :

  • Putaran pertama digelar pada Sabtu, 26 September di sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman
  • Putaran ke-2 pada Sabtu, 3 Oktober di sirkuit Spa Francorchamps, Belgia
  • Putaran ke-3 pada Sabtu, 10 Oktober di sirkuit Mugello, Italia,
  • Putaran ke-4 pada Sabtu, 17 Oktober di sirkuit Silverstone, Inggris,
  • Putaran ke-5 sekaligus seri penutup akan dilaksanakan di sirkuit Imola, Italia pada Sabtu, 24 Oktober.

Event balap simulator BDR ini dapat disaksikan secara live streaming di akun Youtube Balap Di Rumah dan juga platform streaming MAXStream. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Original Article