Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021

Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pengembangan. Motor rally Honda kali ini akan menggunakan rangka baru dan kopling hidrolik.

Sebelumnya, sudah ada Honda CFR450RW sudah tampil di MXGP Championship. Dikutip dari laman motorcycle, Honda menyebutkan model ini didesain atas masukan dari bottom up untuk mengatasi banyak kondisi yang harus dialami oleh Crosser MXGP.

Desain CRF450R 2021 bocor pada 22 April, tampaknya sudah sedikit berubah daripada sketsa di Jepang pada 24 Oktober 2019. Namun, sketsa yang dibuat di Jepang, gambar desainnya pun beresolusi rendah, tapi saat ini gambar offroader line-up 2021 sudah hadir dengan resolusi yang lebih tinggi.

Foto: motorcycle

Desain yang sudah bisa diakses dengan kualitas baik ini disebut-sebut merupakan desain model produksi, bukan untuk model balapan karena beberapa komponen stoknya. Knalpotnya muffler stok bukan karbon Yoshimura berujung bulat seperti pada versi CRF450RW, lalu tutup lubang crankshaft terlihat jelas pada penutup kopling, sedangkan lubangnya ditutup oleh Hinson pada pembalap pabrik. Kontrolnya tampak lebih sederhana yang terlihat dari setang, pelindung rotor rem depan, dan selang pernafasan yang masuk ke tutup bahan bakar.

Honda CRF450RW. Foto: motorcycle

Motor yang masuk ke line-up motor off-road Honda 2021 ini menggunakan knalpot tunggal, serta tabung tunggalnya jauh lebih besar dari peredam sebelumnya. Meski terlihat mirip dengan versi 2020-nya, rupanya radiatornya diperbarui untuk mengakomodasi packaging barunya, lalu routing pipa header yang baru membutuhkan downtube yang lebih pendek pada frame, dan split yang lebih tinggi ke cradle yang lebih rendah.

Foto: motorcycle

CRF450R 2021 memiliki black box kecil di sisi kiri belakang silinder, namun belum diketahui apa isinya. Versi produksi saat ini juga menggunakan kopling yang dioperasikan dengan kabel tidak seperti versi motor balap yang saat ini menggunakan kopling hidrolik. Namun di desain yang sedang diajukan, tampaknya akan menggunakan kopling hidrolik dan tidak ada kabel yang terlihat lagi.

Foto: motorcycle

Dibanding versi 2020, model 2021 bingkainya lebih tipis dan lurus. Subframenya juga baru karena pemasangan di sisi kiri dan kanan tidak simetris. Selain itu, kursinya juga lebih tipis seperti mengarah ke ekor motor yang lebih tajam. Sampai saat ini, belum diketahui kapan Honda CRF450R 2021 akan mulai diproduksi dan dijual. (Litha/Prob/NM)

The post Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021 appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.

Original Article