Bakal Debut Global, ini Bocoran Yamaha MT-09 2021

Bakal Debut Global, ini Bocoran Yamaha MT-09 2021

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Yamaha MT-09 2021 memulai debut globalnya dengan memperbarui berbagai komponen serta meningkatkan emisinya. Apa saja pembaharuan yang diadopsi Yamaha untuk naked streetfighter satu ini?

Pabrikan Jepang ini mengumumkan bahwa bukan sekadar peningkatan emisi saja, tapi MT-09 terbaru juga mengadopsi beragam fitur dan komponen baru, sehingga tampil lebih agresif dan lebih baik. Kemarin (27/10/2020), MT-09 dikabarkan telah luncur di Eropa, dan akan memasuki pasar India sekitar permulaan tahun depan. Naked dengan model tahun 2021 ini disebut-sebut akan menjadi saingan KTM 790 Duke dan Triumph Street Triple R.

Foto: Rush Lane

Diwartakan oleh Rush Lane, MT-09 2021 selain sudah mengikuti norma emisi Euro5, motor 3 silinder dengan gearbox 6-percepatan ini juga meningkat kapasitas cc-nya dari 847 cc ke 890 cc, sehingga dayanya naik menjadi 120 ps.

Model terbaru MT-09 merevisi fasia depannya, serta memperbarui cluster headlamp yang sekarang menggunakan lampu depan proyektor LED tunggal, diapit strip DRL LED vertikal ganda. Kemudian dudukan plat nomornya juga berbeda dari yang biasa, melainkan dipasang ke swingarm seperti pada seri MT-10.

Swingarm-nya tidak lagi memiliki bracing atas motor, tapi diganti dengan bagian arm utama yang lebih tebal. Lalu untuk tangki bahan bakar dan selubungnya diperbarui, sehingga tampil lebih galak dan agresif.

Bukan itu saja, untuk instrumen digitalnya diganti dengan konsol konvensional dan lebih besar, lalu indikator lampu seinnya LED baik di depan maupun di belakang, serta adanya ventilasi udara masuk di tangki BBM samping, tepatnya di belakang headstock, dan nalpot bagian bawah mirip dengan model saat ini.

Foto: Rush Lane

Yamaha MT-09 2021 rupanya menggunakan frame balok ala sportbike baru. Sasisnya mirip R6 dan R1, memberik kesan tajam di jalan raya, namun lebih ringan sehingga kinerjanya akan meningkat. Sementara itu, suspensinya menggunakan garpu terbalik dan penahan bertumpu cakram di tiap ujung menggunkan kaliper pemasangan radial. (Litha/Prob/NM)

The post Bakal Debut Global, ini Bocoran Yamaha MT-09 2021 appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.

Original Article