Auf Wiedersehen, BMW i8 Terakhir Resmi Meninggalkan Pabrik

Auf Wiedersehen, BMW i8 Terakhir Resmi Meninggalkan Pabrik

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – BMW i8 adalah satu dari sekian mobil yang membuktikan bahwa teknologi hybrid yang identik dengan irit-iritan bisa juga dipakai untuk menendang performa mobil. Saat diperkenalkan sekitar 6 tahun lalu, ia sudah melanglang buana dan sempat menjadi bintang film juga. Contoh, muncul dalam versi konsep BMW Vision di film Mission Impossible, dan BMW i8 muncul di film Foxtrot Six sebagai mobil yang dikendarai Oka Antara di masa depan.

Sayangnya, ia harus menghadapi dunia yang tidak ramah terhadap mobil sport. Hari ini semua tahunya hanya SUV atau crossover, bahkan dari BMW sendiri. Mobil ini jauh dari kata buruk, bahkan penampilannya yang dari masa depan bisa membius banyak orang. Setelah 6 tahun diproduksi sebanyak 20.500 unit, BMW akhirnya resmi menghentikan produksi BMW i8, dan ini adalah unit terakhir BMW i8 yang keluar dari pabrik.

Unit terakhir ini adalah BMW i8 Roadster dengan warna Portimau Blue, salah satu varian warna biru BMW selain Yas Marina Blue atau Estoril Blue. Mobil ini tidak akan dilelang atau apa, karena sudah terjual ke garasi salah seorang konsumen BMW untuk penggunaan pribadi di Jerman. Sayang sekali mobil seperti ini tidak berusia panjang, atau paling tidak harusnya ia mendapatkan generasi penerus.

BMW i8 meluncur bersamaan dengan BMW i3 untuk memperkenalkan sub-brand baru, BMW i yang fokus ke tenaga listrik dan hybrid. BMW i8 adalah mobil pertama BMW yang berpenggerak AWD namun tidak menggunakan sistem xDrive konvensional. Penggantinya, ia punya 1 motor listrik di depan dan 1 lagi ada di belakang, dan motor listrik di belakang tugasnya hanya membeking mesin 1.500 cc 3 silinder TwinPower Turbo yang ada di tengah mobil.

Meski BMW i8 terpaksa pensiun dini, iterasi atau turunan dari sub brand BMW i lainnya diklaim akan terus mewarisi darah BMW i. Contohnya adalah BMW iX3, SUV listrik yang masih dalam masa persiapan dan BMW i4 yang konon akan menjadi sedan listrik pertama BMW untuk dilempar ke pasar konsumen mobil premium, habis itu ada BMW i-Next, crossover listrik yang wujudnya belum ketahuan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article