ASEAN NCAP : Toyota Corolla Cross & New Fortuner Raih Bintang 5

ASEAN NCAP : Toyota Corolla Cross & New Fortuner Raih Bintang 5

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Faktor keamanan menjadi salah satu faktor terpenting yang harus kita pertimbangkan dalam memilih sebuah kendaraan. Alasannya sederhana, karena kondisi di jalan sangat tidak terprediksi dan berpotensi mengancam jiwa. Nah, karena itu, sebuah mobil baru harus diuji dalam tes tabrak independen, termasuk di ASEAN. Dan ASEAN NCAP baru saja mengeluarkan 2 hasil uji tabrak dari 2 SUV terbaru Toyota.

Yap, sesuai dengan judul, kedua produk yang kami maksud adalah Toyota Corolla Cross dan New Toyota Fortuner. Pihak Toyota harus tersentum bahagia karena keduanya lolos tes tabrak di ASEAN NCAP dengan skor snagat baik, yaitu bintang 5. Skor ini kami dapatkan langsung dari laman resmi ASEAN NCAP, walaupun ada sebuah hal yang mengganggu kami. Hal tersebut adalah kesalahan foto untuk unit Toyota Fortuner yang mana foto yang terpampang di situs hingga dokumen PDF-nya adalah foto dari Toyota Hilux. Walaupun keduanya sebasis, namun nampaknya kita tidak bisa memukul rata hasilnya. Oke, tapi kita abaikan dahulu keanehan tersebut.

Untuk New Toyota Fortuner menghasilkan poin total 34,03 untuk perlindungan dewasa dan 43,38 poin untuk perlindungan anak – anak. FYI, unit yang diuji adalah unit untuk pasar Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei, dan Singapura. Lho, Indonesia mana? Sabar, karena unit yang diuji adalah unit bermesin 1GD 2.800cc, dan unit ini tidak dijual di Indonesia. Skor untuk safety assist-nya mencapai 18.06 poin. Total poin keseluruhan mencapai 87,46 poin dan menobatkan SUV ini sebagai SUV berbintang 5 dalam ASEAN NCAP. Lalu, saudara kecilnya yaitu Toyota Corolla Cross juga berhasil mencatatkan jumlah bintang yang sama.

Toyota Corolla Cross yang diuji tabrak adalah versi Thailand dengan trim G Hybrid. Btw, unit ini juga dijual di Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Myanmar. Skor perlindungan dewasa mencapai 33,01 poin, diikuti skor perlindungan anak – anak di angka 44,35 poin dan safety assist di angka 20,14 poin. Skor totalnya mencapai 88,61 poin alias lebih tinggi dibanding Fortuner. Skor dari kedua SUV ini dirilis oleh ASEAN NCAP pada minggu lalu, dan menariknya, ada produk lain yang juga meraih bintang 5. Produk tersebut adalah SUV terbaru dari Proton yaitu Proton X50. SUV asal Malaysia tersebut merupakan kembaran dari Geely Bin Yue di China.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Original Article