Ambisi Nissan Produksi Carbon Fibre Lebih Terjangkau

Ambisi Nissan Produksi Carbon Fibre Lebih Terjangkau

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

Autonetmagz.com – Material carbon fibre merupakan salah satu bahan metal paling unik di dunia dikarenakan kekuatan dan bobotnya yang jauh lebih ringan ketimbang besi biasa. Biasanya material ini hanya bisa ditemukan di bodi pesawat terbang, roket, sportscar serta Formula 1. Eksklusifitas tersebut membuat harganya mahal dan diluar jangkauan orang biasa. Namun sekarang Nissan telah menemukan cara untuk membuat material exotic ini lebih terjangkau untuk masyarakat luas dengan proses produksi baru. Jadi apa proses yang Nissan kembangkan? Mari kita bahas.

Nissan membuat sebuah material yaitu CFRP atau Carbon Fibre Reinforced Plastic. Bahan ini memiliki kekuatan dan bobot identikal dengan Carbon Fibre asli dan untuk membuatnya, Nissan menggunakan proses produksi baru dinamakan Compression Resin Transfer Molding. Disini mereka akan membentuk carbon fibre kedalam wujud yang diinginkan kemudian mengaturnya dalam sebuah cetakan. Kemudian getah akan dimasukan kedalam fibre-nya untuk dikeringkan dan hasil akhirnya adalah CFRP yang sudah disebut tadi.

Nah, sekarang mari kita bicara lebih dalam mengenai CFRP. Seperti yang sudah dijelaskan, CFRP memiliki kekuatan dan berat yang sama dengan carbon fibre asli hanya beda proses produksinya saja. Nissan menyatakan kalau material ini bisa membuat mobil-mobil menjadi lebih aman dan efisien ketimbang menggunakan bahan aluminium. CFRP juga membantu mengakali center of gravity sebuah mobil, alhasil membuatnya lebih stabil dan fun to drive.

Bisa dibilang bahwa Nissan berhasil mengembangkan cara untuk memproduksi carbon fibre dalam kuantitas besar dan juga mengurangi waktu beserta biaya produksi. Sekarang kita hanya perlu menunggu pabrikan Jepang tersebut menerapkan proses tersebut untuk memproduksi mobil-mobil baru mereka dalam waktu dekat. Apa opini kalian mengenai temuan terbaru dari Nissan? Tulis di kolom komentar ya.

Original Article