All New Mazda3 Berpeluang Dapat Mesin Turbo & AWD!

All New Mazda3 Berpeluang Dapat Mesin Turbo & AWD!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Banyak pabrikan otomotif yang saat ini sedang menggemari tren downsizing, alias mengecilkan kubikasi mesin dan jumlah silinder namun disaat yang bersamaan menambah teknologi induksi paksa ke mobil tersebut. Yap, penggunaan turbo menjadi sebuah hal yang bisa banyak ditemui saat ini. Namun disaat yang sama, Mazda malah nampak tak menganggap hal ini sebagai sebuah hal spektakuler.

Bisa kita perhatikan bahwa line up Mazda yang menggunakan mesin turbo terbilang minim, cenderung di jajaran kendaraan berukuran besar milik mereka. Itupun tidak menerapkan prinsip downsizing seperti beberapa pabrikan lainnya. Saat ini, mesin turbo SkyActiv hanya digunakan di 3 produk saja, yaitu Mazda CX-9, Mazda CX-5 Turbo, dan Mazda6 Turbo. Nah, kabarnya, pihak Mazda juga sedang mempertimbangkan untuk memberikan treatment Turbo pada Mazda3 generasi terbaru. Mengutip informasi via Jalopnik, sumber menyebutkan bahwa ada sumber terpercaya dan akurat yang memastikan bahwa ada kode baru untuk Mazda3, Mazda6, Mazda CX-5 dan Mazda CX-9.

Kode teresebut berlaku untuk unit model tahun 2021, alias tahun depan. Nah, kalau kalian perhatikan, 3 model produk tersebut sudah kami sebutkan memiliki opsi mesin turbo, namun tidak dengan All New Mazda3. Sumber menyatakan bahwa All New Mazda3 akan ditawarkan dalam opsi mesin turbo, baik untuk varian sedan maupun hatchback. Menariknya, untuk varian bermesin turbo, pihak Mazda hanya akan menawarkan dalam model AWD saja. Informasi lain yang tak kalah menarik adalah munculnya kode ‘Mazda 3 HB PP TURBO’. Kalau mau kita breakdown, ‘HB’ merujuk pada Hatchback, dan ‘Turbo’ merujuk pada opsi mesin berinduksi paksa.

Lantas, apa arti kata ‘PP’ di dalam kode tersebut? Cocoklogi pun berkembang, bisa jadi PP merupakan akronim dari Premium Package yang merujuk pada versi lebih mevvah, atau malah merujuk pada ‘Performance Package’? Hmmm, Inilah yang menarik. Karena kita tahu bahwa terakhir kali Mazda3 mendapatkan mesin turbo adalah di varian MPS pada generasi berkode BL yang terakhir dipasarkan 7 tahun lalu. Bisa jadi, ini menjadi era kebangkitan varian MPS yang sempat ditinggalkan oleh Mazda sekian tahun lalu. Apalagi, konsep sporty jelas lebih mengena daripada konsep elegan untuk sebuah All New Mazda3 kan?

Jadi, kita tunggu saja. Apa tanggapan kalian, kawan?

Original Article