All New Mazda BT-50 : Penantian 9 Tahun, Kini Gandeng Isuzu!

All New Mazda BT-50 : Penantian 9 Tahun, Kini Gandeng Isuzu!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Sesuai dengan beberapa informasi yang sempat kami sampaikan sebelumnya, hari ini pihak Mazda telah resmi memperkenalkan sosok All New Mazda BT-50 di pasar Australia. Lantas, apa saja yang menarik dan juga berubah dibandingkan dengan sosok Mazda BT-50 versi terdahulu? Mari kita kupas lebih dalam, setajam benang layangan.

Desain Baru, Platform Baru

All New Mazda BT-50 menandai 9 tahun sudah penantian akan kehadiran double cabin terbaru dari Mazda. Dan kita tahu bahwa Isuzu adalah sosok penting dibalik kehadiran versi terbaru Mazda Bt-50 ini. Secara desain, All New Mazda BT-50 menggunakan desain fascia depan dengan nyawa Kodo Design. Perhatikan saja bentuk grille dengan aksen krom berbentuk bilah horisontal dan juga bingkai khas Kodo Design. Lampu depannya juga termasuk sipit dengan LED DRL bulat dan lampu model proyektor. Di sisi bawah terdapat lampu sein dan lampu kabut yang ditata secara vertikal, dan bumper depannya terlihat minimalis dan mengotak.

Sayangnya, pemilihan bentuk bumper yang ‘lempeng’ tersebut agak kurang pas dengan desain wajahnya yang mengalir. Bentuk kap mesin pun juga terlihat cantik dengan tarikan garis tegas yang menyesuaikan bentuk wajahnya. Secara kasar, wajah depan All New Mazda BT-50 masih khas ala SUV- SUV Mazda lainnya. Dari sisi samping, yang membedakan All New Mazda BT-50 dengan All New Isuzu D-Max selain bentuk moncongnya adalah desain velgnya. All New Mazda BT-50 menggunakan model palang Y dengan 5 palang dan sudah dual tone. Sedangkan desain jendelanya masih sama, bahkan lekukan di pintunya pun sama.

Di sisi belakang, All New Mazda BT-50 menggunakan lampu dengan bentuk yang minimalis dan khas double cabin dengan penataan vertikal. Oiya, detail lampunya, di sisi atas ada lampu rem berbentuk bulat, khas Mazda, dan di bawahnya ada lampu sein dan lampu mundur. Bumper belakangnya sama persis dengan D-Max, hanya saja didominasi warna hitam, tidak sewarna body seperti D-Max. Pintu bagasinya juga sedikit diubah dengan menghilangkan lekukan yang ada di D-Max. Nah, karena dia menggunakan basis dari D-Max, maka jelas ada perubahan platform dibandingkan dengan versi terdahulu.

Interior Niat

Untuk interior, sebagai produk rebadge sebenarnya kita tak bisa berharap banyak pada ubahan di bagian ini. Namun ternyata ubahan yang dilakukan Mazda cukup total. Secara desain, Mazda mengubah sekitar 50% dari desain dashboard-nya. Jikalau di D-Max dashboard nampak menonjol di bagian tengah, maka Mazda membuatnya menjadi lurus seperti kebanyakan interior mobil mereka.Bentuk kisi AC juga diubah total dengan konsep yang lebih membulat. Mazda juga menambahkan ornamen silver horisontal di tengah dashboard.

Untuk desain controler AC, HU, dan konsol tengah masih sama persis dengan D-Max. Untuk setir, bentuknya pada dasarnya sama, dengan ornamen silver, namun bagian tengah di setir mobil ini dibuat membulat khas Mazda. Dan untuk menyesuaikan dengan desain dashboard, Mazda juga mengubah sedikit desain doortrim mobil ini, yang mana terlihat lebih minimalis dibandingkan dengan D-Max. Untuk fitur, interior mobil ini diperlengkapi dengan AC Digital, dan Head unit 9 inci dengan touchscreen.

Mesin & Dimensi

All New Mazda BT-50 memiliki dimensi panjang 5,2 meter dengan lebar 1,8 meter dan tinggi 1,7 meter. Jarak sumbu rodanya mencapai 3,1 meter yang membuatnya cukup bongsor. Dengan dimensi tersebut, All New Mazda BT-50 membutuhkan jarak putar mencapai 6,1 meter. Oiya, kapasitas angkutnya mencapai 1.065 kg dengan towing capacity mencapai 3,5 ton. Nah, untuk urusan dapur pacu, All New Mazda BT-50 mengandalkan mesin bertenaga 190 PS pada 3.600 rpm dan torsi 450 Nm pada rentang 1.600 hingga 2.600 rpm. Yap, ini spesifikasi mesin 4JJ3 milik Isuzu D-Max, yang mana persis sama keluaran torsi dan tenaga maksimalnya.

Di Australia sendiri All New Mazda BT-50 akan dipasarkan dengan spesifikasi penggerak 4 roda dan juga transmisi otomatis saja. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok All New Mazda BT-50 ini?

Original Article