All New Honda PCX Akan Gunakan Teknologi VTEC & Kubikasi 157cc

All New Honda PCX Akan Gunakan Teknologi VTEC & Kubikasi 157cc

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, segmentasi pasar maxi skutik bertumbuh dengan sangat signifikan, bahkan nyaris eksponensial. Persaingan antara Honda PCX dan Yamaha N-Max sendiri menjadi yang paling seru untuk diperhatikan, walaupun masing – masing memiliki sidekick seperti Honda ADV150 dan Yamaha Aerox. Nah, setelah Yamaha memperbarui N-Max di awal tahun ini, muncul kasak kusuk mengenai versi terbaru dari PCX.

Yap, Honda PCX kabarnya memang akan segera diperbaharui dalam waktu dekat. Yang artinya, Honda PCX akan bergabung dengan Honda Vario yang memiliki daur hidup selama 3 tahunan. Di versi terbarunya nanti, kabarnya Honda akan memberikan kejutan yang menarik dan tentunya membuat rival bakal ‘kepanasan’ Mengutip informasi via GreatBiker, kabarnya Honda akan menaikkan kubikasi mesin dari Honda PCX. Kita semua tahu bahwa saat ini Honda PCX menggunakan mesin 150cc yang notabene sama dengan jajaran mesin skutik 150cc Honda lainnya. Basisnya pun masih sama dengan mesin 125cc milik Honda Vario. Nah, di versi terbaru, Honda akan menaikkan kubikasi menjadi 157cc.

Dengan kubikasi tersebut, maka Honda PCX akan secara sah setara dengan Yamaha N-Max 155. Seperti yang kita ketahui, Yamaha memang selama ini menggunakan kubikasi 155cc alih – alih 150cc. Menariknya, Honda juga akan mengikuti jejak Yamaha untuk menggunakan teknologi katup variabel. Kalau Yamaha memiliki VVA, maka Honda juga memiliki VTEC. Yap, teknologi katup variabel yang juga digunakan di roda empat mereka. Sebenarnya, ini bukan pertama kali Honda menggunakan teknologi ini di motor rakitan mereka. Sebelumnya, Honda sempat menerapkan teknologi VTEC di Honda VFR800. Hanya saja, secara segmentasi kita sudah bisa bedakan bahwa motor tersebut adalah moge.

Selain menggunakan mesin dengan kubikasi baru dan teknologi katup variabel, kabarnya Honda PCX terbaru juga akan menggunakan rangka model baru. Rangka ini menggunakan model eSAF (Enhandced Smart Arcitecture Frame). FYI, rangka ini sudah digunakan oleh Honda BeAT versi terbaru dan juga Honda Genio. Rangka tersebut diklaim memiliki bobot yang lebih ringkas. Nah, namun sejauh ini informasi yang beredar ini memang masih sekedar rumor belaka, namun jika kita amati, Honda memang selalu bisa mengejutkan kita apalagi mengejutkan rival abadi mereka, Yamaha. Jadi, sangat menarik untuk menantikan bagaimana perkembangan maxi skutik ini.

Bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Original Article