TOKYO (DP) – Mobil yang dilengkapi sunroof tentu memberikan sensasi tersendiri bagi penumpang. Tapi sayang tak semua mobil dibekali atap yang bisa dibuka untuk melihat pemandangan di luar atau untuk merasakan sorotan sinar matahari.

Nah, Toyota memiliki ide unik untuk memanjakan penumpang kendaraannya di masa mendatang. Alih-alih menyediakan fitur sunroof pada jajaran model kendaraannya, Toyota malah tengah mengembangkan sunroof virtual alias sunroof bohongan.

Untuk gagasan anyar ini, Toyota bahkan telah mengajukan hak paten di Amerika. Seperti apa cara kerjanya?

Berdasarkan dokumen paten, virtual sunroof itu berupa layar yang terpasang di atap kendaraan untuk menampilkan suasana di luar kendaraan. Bagaimana mekanismenya?

Penumpang akan disajikan tayangan gambar suasana di luar kendaraan yang dihasilkan dari beberapa kamera yang dipasang di luar kabin kendaraan. Dengan begitu, penumpang akan dapat melihat lingkungan sekitar yang dilalui kendaraan layaknya menggunakan sunroof yang sebenarnya.

Hebatnya lagi, sunroof virtual bukan hanya menyajikan gambar riil di luar kabin, tapi menggabungkan lapisan foreground, mid-ground dan background yang di-scroll pada kecepatan berbeda untuk menciptakan ilusi kecepatan.

Dengan keberadaan sunroof virtual seperti ini tentu membuat pengemudi dan penumpang tak perlu melihat sunroof atau jendela untuk merasakan sensasi kecepatan.

Bagi Toyota, temuan baru ini dapat menjadi gimmick menarik yang berbeda dari yang lain demi menyajikan pengalaman baru ketika memasuki era mobil listrik murni dan otonom, terutama untuk kendaraan yang dipakai sebagai layanan ride hailing (taksi online).

Secara teori, menggunakan sunroof virtual akan memberikan sensasi layaknya mengendarai mobil convertible, yang menawarkan pengemudian menyenangkan. [dp/TGH]