Agar Tidak Jebol, BBM Untuk Sepeda Motor Sesuaikan dengan Spesifikasi Mesin

Agar Tidak Jebol, BBM Untuk Sepeda Motor Sesuaikan dengan Spesifikasi Mesin

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Tiap jenis bensin atau bahan bakar memiliki kualitas berbeda, sementara kebutuhan tiap mesin pun berbeda. Begini memilih bahan bakar yang tepat untuk sepeda motor dari Astra Honda.

Setiap jenis bensin memiliki nilai oktan berbeda. Dengan penggunaan BBM yang tepat, proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Hal tersebut juga berdampak pada performa mesin motor agar jadi lebih baik, sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit dan umur msin jadi lebih panjang.

Karenanya, pemilik sepeda motor perlu memperhatikan jenis bahan bakar apa yang sesuai dengan spesifikasi mesin motornya, berikut ini adalah informasi dari Astra Honda tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan bakar:

  • Ketahui Rasio Kompresi Mesin

Angka rasio kompresi mesin sepeda motor Honda bisa dilihat di dalam Buku Pedoman Pemilik yang didapat saat membeli unit motor. Semakin tinggi rasio kompresinya, maka dibutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi.

  • Kenali Nilai RON BBM

Nilai oktan bahan bakar yang paling umum di seluruh dunia adalah nilai Research Octane Number (RON). Saat ini, bensin dengan nilai oktan terendah adalah RON 88, dan yang tertinggi RON 98.

  • Efek Penggunaan Bahan Bakar Motor yang Tidak Sesuai

Penggunaan bensin yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah seperti mesin knocking dan penumpukan deposit sisa pembakaran yang tidak sempurna. Jika terjadi terus menerus, akan sangat berpotensi untuk menimbulkan kerusakan pada komponen mesin. Misalnya penggunaan bensin oktan tinggi pada mesin kompresi rendah, bensin oktan tinggi membutuhkan tekanan lebih tinggi dan proses pembakarannya lebih lama, sehingga mesin jadi kesulitan membakar bensin dengan oktan yang lebih tinggi dan akhirnya tenaga mesin jadi kurang maksimal, serta lebih boros dari sisi biaya.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, seperti di mesin kompresi tinggi yang menggunakan bensin oktan rendah. Ada kemungkinan bensin akan terbakar sebelum busi memercikkan api, sehingga terjadi knocking dan penumpukan deposit sisa pembakaran karena proses pembakarannya tidak sempurna.

Dengan kata lain seperti yang disampaikan oleh Astra Honda, menggunakan bensin dengan oktan tinggi tidak membuat kerja mesin jadi lebih baik jika tidak sesuai dengan spesifikasi mesinnya. (Litha/Prob/NM)

The post Agar Tidak Jebol, BBM Untuk Sepeda Motor Sesuaikan dengan Spesifikasi Mesin appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.