Agar Tidak Bermasalah, Siapkan Kondisi Kendaraan Saat Masuk Musim Hujan

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Musim hujan tiba, jangan lupa cek kondisi kendaraan dan persiapan peralatan diri yang harus disimpan di kabin mobil.

Drivenhype – Saat ini sedang masa peralihan dari musim panas ke musim hujan. Artinya, saatnya mempersiapkan kondisi mobil beserta pendukungnya karena kadang lupa dan baru terpikirkan saat dibutuhkan atau terkena masalah. Supaya tidak menyulitkan, berikut persiapan yang bisa dilakukan saat memasuki musim hujan.

Yang pertama, periksa karet wiper karena mempengaruhi daya lihat saat hujan deras. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta, wajib cek wiper belakang. Selanjutnya periksa air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena menyulitkan saat kaca kotor.

Perhatikan seluruh lampu, mulai lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang. Periksa pula kondisi aki, apakah masih layak. Karena saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras, di mana hampir seluruh perangkat listrik aktif beroperasi.

Komponen yang wajib dicek juga adalah kondisi ban yang bila kondisinya tidak prima, berpotensi menyebabkan kecelakaan. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) di alur ban mobil.

Tingkat keausan ban tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa tekanan angin ban agar sesuai standar pabrik. Sempatkan pula cek sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju mantap menerobos genangan air.

Periksa pula peranti rem. Kondisi jalan licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan mengecek kampas rem dan tabung minyak rem sesuai takaran. Masuk ke mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin yang bisa mencegah kaca depan mobil dari pengembunan yang mengganggu visibilitas.

Untuk persiapan diri, periksa kembali apakah payung masih tersimpan di kabin, pastikan kondisinya berfungsi dengan baik. Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar-masuk mobil seperti saat di pom bensin. Terlihat sepele, namun tidak ada salahnya siapkan minimal kaos cadangan di mobil untuk berjaga bila terpaksa basah kehujanan.

Original Article